Satpol PP Sukoharjo Bubarkan Kerumunan Ojol di Mall

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kecamatan Grogol bubarkan kerumunan massa pembeli antrean ojek online (ojol) di sebuah gerai di salah satu mall di wilayah Kecamatan Grogol, Rabu (09/06/2021). Pembubaran dilakukan setelah antrean panjang terjadi hingga membuat macet Jalan Ir Soekarno dan melanggar protokol kesehatan. Petugas juga memanggil pengelola gerai untuk diminta mempersiapkan dan berkoordinasi sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kecamatan Grogol Bagas Windaryatno mengatakan, kejadian bermula saat tepat ada launching penjualan makanan di sebuah gerai di salah satu mall di wilayah Kecamatan Grogol. Kegiatan tersebut juga dilakukan serentak di seluruh daerah di Indonesia. Antrean terlihat sejak pukul 11.00 WIB hingga membuat kemacetan di Jalan Ir Soekarno.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kecamatan Grogol yang mengetahui kejadian tersebut kemudian berkoordinasi dengan Satpol PP Sukoharjo melakukan penindakan. Petugas terpaksa membubarkan kerumunan massa dimana terjadi antrean panjang dan melanggar penerapan protokol kesehatan.

“Bentuk pelanggaran protokol kesehatan sangat terlihat di sana seperti kerumunan massa dan tidak jaga jarak. Hal ini sangat rawan terjadi penyebaran virus Corona ditengah kondisi masih pandemi virus Corona,” ujarnya.

Petugas di lokasi juga melakukan penertiban antrean pembeli atau ojol dengan meminta mereka menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan memakai masker. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kecamatan Grogol dan Satpol PP Sukoharjo masih berjaga di lokasi mengantisipasi terjadinya kerumunan massa lagi.

“Manager atau pengelola gerai sudah dipanggil ke Kantor Satpol PP Sukoharjo. Kerumunan massa terjadi karena belum ada koordinasi antara pengelola dan petugas hingga menyebabkan kerumunan massa,” lanjutnya.

Tindakan tegas juga dilakukan petugas dengan menutup akses pintu masuk gerai dari Jalan Ir Soekarno. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Kecamatan Grogol berharap hal ini sebagai bentuk antisipasi kerumunan massa dan mencegah kemacetan jalan.

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo mengatakan, tindakan tegas sudah dengan melakukan penertiban antrean pembeli karena jumlahnya sangat banyak. Heru menegaskan, petugas juga meminta pada ojol menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak.

Satpol PP Sukoharjo meminta kepada pelaku usaha dan masyarakat untuk tetap tertib menghindari kerumunan massa. Sebab kondisi sekarang masih pandemi virus Corona dan rawan terjadi penyebaran. (Mam)

BERITA REKOMENDASI