Satpol PP Sukoharjo Gelar Latihan Pemadam Kebakaran

SUKOHARJO,KRJOGJA.com – Latihan penanganan kebakaran digelar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo dengan melibatkan puluhan anggota dan delapan unit mobil pemadam kebakaran di Alun Alun Satya Negara, Selasa (30/6). Latihan digelar sebagai bentuk persiapan penanganan kasus kebakaran menghadapi musim kemarau. Sebab pada periode Juli-Desember dikhawatirkan terjadi peningkatan kasus kebakaran khususnya di lahan kosong dan hutan.

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo mengatakan, Satpol PP Sukoharjo tidak terlena dengan rendahnya kasus kebakaran pada periode Januari-Juni hanya 24 kejadian saja. Sebab tidak menutup kemungkinan terjadi peningkatan signifikan saat musim kemarau periode Juli-Desember mendatang. Persiapan dilakukan dengan menggelar latihan besar melibatkan puluhan anggota dan delapan unit mobil pemadam kebakaran.

Materi latihan dipersiapan mulai dari teori hingga praktek dipusatkan di Alun Alun Satya Negara. Petugas yang dilibatkan dibekali kemampuan mengenai penguasaan penggunaan alat dan pemadaman api. “Anggota sudah punya kemampuan semua dan kelengkapan mobil pemadam kebakaran juga telah ada. Latihan ini kami gelar untuk semakin menguasai lagi kemampuan tersebut. Kami persiapan untuk menghadapi musim kemarau karena rawan kebaran,” ujarnya.

Dalam latihan di Alun Alun Satya Negara Sukoharjo disimulasikan petugas menghadapi kasus kebakaran sebenarnya. Petugas begitu mendapat laporan kejadian langsung meluncur ke lokasi dan penanganan. “Dalam satu tim pemadam kebakaran masing masing petugas sudah harus tahu tugasnya apa. Jadi ketika ada kejadian kebakaran siap memadamkan api,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI