Satpol PP Sukoharjo Gelar Operasi Rokok Ilegal

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo gelar operasi rokok ilegal dengan sasaran utama di wilayah pedesaan pinggiran. Petugas menerima informasi dari masyarakat terkait masih banyaknya penjualan rokok tanpa dilengkapi pita cukai resmi tersebut.

“Satpol PP Sukoharjo akan menyisir pedesaan atau wilayah pinggiran karena masih ada informasi peredaran rokok ilegal,” kata Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo, Sabtu (10/04/2021).

Dasar operasi rokok ilegal dilakukan Satpol PP Sukoharjo sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 222/PMK.07/2017 tentang Penggunaan, Pemantauan dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau. Masyarakat diminta memahami aturan rokok legal dimana wajib dilengkapi dengan pita cukai.

“Masyarakat bisa melaporkan dan membawa barang bukti apabila menemukan atau membeli rokok ilegal kepada petugas. Selanjutnya akan dilakukan penindakan terhadap pedagang atau produsen rokok ilegal tersebut,” lanjutnya.

Untuk menekan peredaran rokok ilegal Satpol PP Sukoharjo meminta kepada pedagang untuk selektif dan berani menolak apabila menerima kiriman dari orang tertentu. Pedagang juga bisa langsung melaporkan pada petugas apabila mendapat kiriman rokok ilegal dari produsen.

Masyarakat juga diminta aktif memberikan informasi dan melapor pada petugas apabila menemukan kecurigaan peredaran rokok ilegal. Salah satu indikasi rokok ilegal yakni harga murah di bawah pasaran. Selain itu bisa dilihat dari keberadaan pita cukai pada rokok yang dijual pedagang. (Mam)

BERITA REKOMENDASI