Satpol PP Sukoharjo Razia Masker

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Razia terhadap penggunaan masker diintensifkan di semua wilayah baik di jalan, pasar tradisional dan perkantoran di Sukoharjo. Petugas akan memberikan sanksi berupa pembinaan kepada pelaku pelanggaran.

Aturan ketat diberlakukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo mengingat kasus positif virus corona tinggi dan juga masih diberlakukannya status kejadian luar biasa (KLB) hingga 31 Juli. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo Heru Indarjo, Senin (01/06/2020) mengatakan, Satpol PP Sukoharjo sekarang semakin mengintensifkan razia penggunaan masker disemua wilayah.

Kegiatan dilakukan melihat kondisi sekarang jumlah kasus positif virus corona tinggi hingga 70 kasus. Selain itu status KLB virus corona juga diperpanjang hingga 31 Juli mendatang.

Faktor lainnya karena masih banyaknya temuan pelanggaran di masyarakat dimana banyak warga tidak menggunakan masker saat berada diluar rumah. Razia penggunaan masker sudah dilakukan disatu dari total 12 kecamatan pada Sabtu (30/05/2020) lalu di Kecamatan Grogol.

Sedangkan razia serupa akan dilakukan di 11 kecamatan lain dan selesai pada awal Juni ini. Satpol PP Sukoharjo menyebar anggota berkeliling wilayah menyasar penggunaan masker. Apabila ada temuan pelanggaran maka pelaku didata dan mendapatkan sanksi berupa pembinaan.

Dasar razia penggunaan masker dilakukan Satpol PP Sukoharjo baik dari surat edaran pemerintah pusat, provinsi dan daerah. Bahkan kewajiban penggunaan masker sudah diinstruksikan Pemkab Sukoharjo seperti dikatakan Heru Indarjo sejak awal penetapan status KLB 23 Maret lalu sebelum diperpanjang menjadi 31 Juli.

Jangka waktu lama tersebut dikatakan Heru Indarjo sudah cukup bagi petugas memberikan toleransi dan sosialisasi pada masyarakat. Selain itu banyaknya pembagian masker gratis dari Pemkab Sukoharjo dan pihak terkait lain juga sudah dianggap cukup memenuhi penyediaan masker bagi masyarakat.

“Sekarang tinggal kepatuhan masyarakat. Kami akan razia penggunaan masker disemua wilayah. Apabila ada warga tidak memakai maka langsung didata dan mendapat sanksi pembinaan,” ujarnya. (Mam)maskert6

BERITA REKOMENDASI