Satpol PP Sukoharjo Sanksi 4.000 Pelanggar Prokes

“Operasi masker penegakan prokes dilakukan Satpol PP Sukoharjo merata di 12 kecamatan. Dalam satu hari ada ratusan orang terjaring dan mendapat sanksi. Sedangkan secara akumulasi terhitung Januari hingga pertengahan Februari 2021 ada sebanyak 4.000 orang lebih melanggar prokes,” ujarnya.

Pelanggaran yang dilakukan oleh warga yakni tidak memakai masker atau memakai masker namun tidak sempurna penggunaanya. Pelaku pelanggaran dari akumulasi 4.000 orang lebih tersebut didominasi pendatang atau orang yang melintas di wilayah Kabupaten Sukoharjo saat Satpol PP Sukoharjo melakukan operasi masker.

Satpol PP Sukoharjo sengaja melakukan operasi masker dengan lokasi di wilayah perbatasan. Hal itu dilakukan sebagai pencegahan sekaligus antisipasi penyebaran virus corona di Sukoharjo. Petugas saat menemukan pelaku pelanggaran prokes langsung melakukan pendataan dan memberikan sanksi.

“Sanksi yang diberikan berupa denda dan sanksi sosial seperti membersihkan fasilitas umum semisal menyapu jalan tapi sekarang sanksi sosial kami hapus sementara atau ditiadakan karena pelaku pelanggaran prokes sering menyepelekan hukuman tersebut. Seperti misal ada pelaku pelanggaran prokes mendapat sanksi menyapu jalan justru orang tersebut meminta pada petugas untuk diambil fotonya dan diunggah di media sosial,” lanjutnya.(Mam)

BERITA REKOMENDASI