Satpol PP Sukoharjo Waspadai Serangan Ular

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Masyarakat dihimbau untuk mewaspadai tempat rawan yang bisa dipakai ular untuk bersarang atau bertelur karena musim seperti sekarang banyak ditemukan ular berkeliaran. Petugas dari Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sukoharjo terhitung sejak Januari- Desember ini sudah menangkap puluhan ekor ular diberbagai tempat.

Kabid Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo Margono, Jumat (13/12) mengatakan, Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo sekarang sudah menejunkan petugas melakukan pemantauan sekaligus sosialisasi ke masing masing kecamatan berkaitan dengan kewaspadaan keberadaan ular. Sebab dibeberapa daerah banyak ditemukan ular berkeliaran dan bersarang ditempat dekat dengan warga.

Pemantauan dan sosialisasi diharapkan bisa diteruskan sampai ditingkat desa dan kelurahan. Selanjutnya diinformasikan ke masing masing pengurus RT/RW setempat. Hal itu penting sebagai bentuk pencegahan terjadinya kerawanan.

“Temuan ular berbisa belum ada, tapi petuga sejak Januari-Desember 2019 ini sudah menangkap puluhan ekor ular diberbagai tempat. Pada musim hujan seperti sekarang kami himbau masyarakat lebih waspada,” ujarnya.

Ular yang ditemukan petugas mayoritas berjenis piton ditangkap setelah dikeluhkan warga. Keluhan muncul karena ular piton tersebut memangsa ternak milik warga seperti ayam dan bebek. Penangkapan juga dilakukan untuk mengamankan warga dari hal hal tidak diinginkan.

“Himbauan pada masyarakat kami sampaikan karena saat musim hujan seperti sekarang merupakan musim ular bertelur. Usahakan jangan menumpuk barang bekas disekitar rumah karena berpotensi dipakai untuk tempat ular bertelur,” lanjutnya.

Petugas dari Bidang Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo meminta pada masyarakat untuk segera membersihkan barang bekas. Sebab tidak hanya rawan dipakai sarang ular, namun juga bisa menjadi tempat nyamuk bertelur. Akibatnya muncul kerawanan penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“Apabila menemui ular baik di rumah maupun di lingkungan sekitar maka segera laporkan ke petugas. Nanti akan dilakukan penanganan dengan penangkapan. Jangan bertindak sendiri apabila tidak bisa karena membahayakan,” lanjutnya.

Kepala Satpol PP Sukoharjo Heru Indarjo menambahkan, Satpol PP Sukoharjo dalam hal ini didalamnya ada Bidang Pemadam Kebakaran telah menyiapkan pasukan khusus menangani hewan berbahaya. Petugas tidak hanya menangkap ular saja, namun juga tawon bahkan kera liar. (Mam)

BERITA REKOMENDASI