Satu Jamaah Haji Sukoharjo Meninggal

 

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Satu jamaah haji Sukoharjo meninggal dunia diduga karena serangan jantung di pesawat saat masih dalam perjalanan menuju ke tanah suci. Jenazah akan dimakamkan di Madinah dan tidak dibawa pulang ke daerah asal.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo Ihsan Muhadi, Selasa (9/7) mengatakan, satu jamaah haji Sukoharjo yang meninggal dunia tersebut yakni Sumiyatun (56) warga Desa Godog, Kecamatan Polokarto. Jamaah haji tersebut meninggal saat masih dalam pesawat dalam perjalanan menuju ke tanah suci pada Senin (8/7). Kemenag Sukoharjo memastikan hal tersebut setelah mendapat informasi dari petugas yang melakukan pendampingan terhadap jamaah haji.

Keterangan juga diperkuat setelah Kemenag Sukoharjo menerima surat resmi dari Jedah. Selanjutnya informasi tersebut diteruskan kepada pihak keluarga jamaah haji yang meninggal.

“Satu jamaah haji Sukoharjo benar meninggal di pesawat saat masih dalam perjalanan menuju ke tanah suci atas nama Sumiyatun warga Godog, Polokarto,” ujarnya.

Jamaah haji yang meninggal akan dimakamkan di Madinah dan tidak tidak dibawa pulang ke daerah asal. Hal itu sudah diinformasikan sesuai keterangan yang diterima Kemenag Sukoharjo dari petugas pendamping jamaah haji.

“Soal penyebabnya sesuai informasi yang diterima karena serangan jantung. Tapi jamaah haji yang meninggal tersebut juga memiliki riwayat menderita penyakit lain,” lanjutnya.

Ihsan melanjutkan, kondisi tiga kelompok terbang (kloter) jamaah haji Sukoharjo yang sudah tiba di tanah suci dalam keadaan sehat. Mereka terus dipantau dan mendapat pendampingan penuh dari petugas selama menjalankan ibadah haji.

“Terpenting menjaga kondisi kesehatan sebab saat siang hari cuaca sangat panas sedangkan malam sangat dingin. Pola makan dan minum harus terus dijaga,” lanjutnya.

Kemenag Sukoharjo akan terus memantau kondisi seluruh jamaah haji yang menjalankan ibadah di tanah suci. Semua informasi nantinya juga akan ditindaklanjuti termasuk meneruskannya kepada pihak keluarga jamaah haji. (Mam)

BERITA REKOMENDASI