Satwa Endemik Merapi-Merbabu Dilepasliarkan

Editor: Ary B Prass

BOYOLALI, KRJOGJA.com– Sejumlah pecinta binatang dan pengelola destinasi Argo Bumi Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah melepasliarkan puluhan hewan endemik Merapi – Merbabu diantaranya burung elang jawa, kutilang, perkutut dan puyuh.
Salah satu pengelola Argo Bumi, Indriyarto mengatakan bahwa pelepasan burung atau satwa endemik di wilayah Kecamatan Selo untuk menjaga kelestarian alam di lereng Gunung Merapi dan Merbabu.
“Sebenarnya awalnya kami [pengelola Argo Bumi] berpikir untuk menyajikan tempat wisata, namun yang lain dari pada yang lain. Ada upaya konservasi alam yang kami lakukan. Sebab basis kami beberapa adalah pecinta binatang dan pecinta alam. Kita berada di sini berarti kita punya kewajiban melestarikan alam di wilayah Selo ini,” kata Indriyarto di sela kegiatan pelepasan burung, Jumat (10/9/2021).
Ditambahkan, pihaknya sudah beberapa kali Argo Bumi menggelar kegiatan yang berkaitan dengan konservasi alam dengan melepasliarkan beberapa binatang khususnya yang endemik Merapi-Merbabu. Di waktu sebelumnya, sudah ada sejumlah burung kutilang serta perkutut yang juga dilepasliarkan.
“Mudah-mudahan ke depan kami bisa terus-menerus [menjalankan upaya konservasi alam],” ujar dia.

BERITA REKOMENDASI