Sedimentasi Saluran Kapilaler Ganggu Irigasi

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Sedimentasi Sungai Kapilaler di Desa Karanglo Kecamatan Polanharjo Klaten mengganggu kelancaran irigasi. Sehubungan hal itu puluhan petani yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pengguna Air Daerah Irigasi Kapilaler (FK PADIKA) melakukan pembersihan massal.

Kegiatan yang diinisiasi Aqua Klaten bersama FK PADIKA tersebut diharapkan bermanfaat bagi petani, khususnya untuk mengairi persawahan di daerah hilir. Manager Sustainable Development Aqua Klaten, Rama Zakaria mengatakan, kegiatan pembersihan saluran irigasi tersebut dilakukan masih dalam rangkaian memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret lalu.

“Perawatan saluran irigasi kapilaler sangat diperlukan, karena kondisi saluran kapilaler mengalami pendangkalan. Antara lain akibat sedimentasi, sampah dan tanaman liar yang tumbuh di sekitar saluran irigasi,” katanya disela kegiatan.

Menurut Marwoto  anggota FK PADIKA, dalam pelaksanaan kegiatan bersama tersebut para petani menemukan beberapa titik kebocoran di saluran irigasi kapilaler. Hal ini menyebabkan air tidak maksimal untuk mengairi sawah di daerah hilir. (Sit)

BERITA REKOMENDASI