Sejumlah Desa di Lereng Merapi Mulai Krisis Air Bersih

Editor: Agus Sigit

BOYOLALI, KRjogja.com – Memasuki musim kemarau tiba, sejumlah desa di lereng Gunung Merapi tepatnya di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah mengalami kekeringan dan krisis air bersih.
Jumlah desa di kecamatan Tamansari ada 10 desa.

Dari 5 (lima) desa di kaki gunung Merapi tersebut, Desa Sanggup, Lanjaran, Mrian, Sumur dan Desa Jemowo. Mereka biasanya mengandalkan air tadah hujan.

Hal tersebut diungkapkan, Camat Tamansari Wur Laksono, sampai saat ini sebagian masyarakat di lima desa yang sering kekurangan air bersih sudah berupaya membuat tandon air yang cukup besar, namun, ketika musim kemarau datang masih kekurangan air bersih.

“Mereka itu sudah membuat tandon air yang cukup besar, tapi ya masih kekurangan air juga. Biasanya selain mengandalkan bantuan air dari pemerintah Boyolali juga para relawan yang peduli membantunya,”kata Wur Laksono, saat ditemui wartawan di lingkungan kantor Kecamatan Tamansasri,Jumat(15/10/2021).

Wur Laksono mengatakan,sampai saat ini sebagian masyarakat di lima desa yang sering kekurangan air bersih sudah berupaya membuat tandon air yang cukup besar, namun, ketika musim kemarau datang masih kekurangan air bersih.

“Mereka itu sudah membuat tandon air yang cukup besar, tapi ya masih kekurangan air juga. Biasanya selain mengandalkan bantuan air dari pemerintah Boyolali juga para relawan yang peduli membantunya,”katanya.

BERITA REKOMENDASI