Sekolah Bakal Dilibatkan untuk Pemenuhan Tenaga Kerja Industri

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sekolah tingkat atas di Sukoharjo diminta membantu mempersiapkan siswa sebagai lulusan siap kerja. Hal tersebut penting karena Sukoharjo menjadi basis industri di Solo Raya yang butuh banyak tenaga kerja.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo Baktiyar Zunan, Senin (10/7/2017) mengatakan, kebutuhan tenaga kerja untuk industri sekarang tidak selalu didominasi oleh lulusan perguruan tinggi namun juga sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK). Karena itu sekolah menengah tingkat atas baik SMA dan SMK harus ikut membantu melakukan persiapan sejak sekarang. Salah satunya dengan membuka jurusan sesuai dengan kebutuhan industri.

“Salah satu yang banyak dicari yakni tenaga kerja untuk industri tekstil. Di Sukoharjo masih jarang sekolah yang memiliki jurusan tersebut,” ujar Zunan
Kondisi tersebut membuat Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Sukoharjo meminta kepada sekolah untuk ikut membantu melakukan persiapan.

Bentuknya yakni dengan membuka atau menambah jurusan berkaitan dengan bidang tekstil.“Bisa saja jurusan menjahit. Sebab banyak kebutuhan tenaga kerja dibidang itu belum mampu dipenuhi. Satu industri saja butuh ribuan orang padahal di Sukoharjo ada cukup banyak industri,” lanjutnya.

Selain menjahit masih banyak kebutuhan industri lain yang belum mampu dipenuhi. Seperti perhotelan dan rumah sakit sebab banyak investor membuka kedua jenis usaha di Sukoharjo.

“Dulu waktu pamor tenaga kerja dibidang mesin dan otomotif tinggi maka banyak sekolah membuka jurusan itu. Tapi sekarang beralih karena pamor tinggi di Sukoharjo dibidang tekstil,” lanjutnya.

Untuk memenuhi kebutuhan pekerja dibidang tekstil tersebut banyak industri mencari hingga keluar daerah. Hal itu dilakukan karena terbatasnya tenaga kerja di Sukoharjo.

“Kami berharap kerjasama dengan sekolah khususnya SMK agar bisa tanggap membuka jurusan sesuai dengan kebutuhan industri sekarang. Sebab peluang bekerja sangat tinggi,” lanjutnya.(Mam)

 

BERITA REKOMENDASI