Sektor Usaha di Sukoharjo Berangsur Normal Sejak Status Turun Level 2

Editor: Ary B Prass

SUKOHARJO, KRJOGJA.com-  Aktivitas di sektor usaha berangsur normal. Buruh kembali bekerja seperti biasa termasuk yang sempat dirumahkan. Para buruh juga sudah mendapatkan hak berupa upah sesuai besaran upah minimum kabupaten (UMK) dan berbagai bantuan sosial dari pemerintah. Namun demikian, buruh terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) belum semuanya terserap kerja sekarang mengingat pelaku usaha masih dalam tahap pemulihan ditengah pandemi virus Corona.

Ketua Forum Peduli Buruh (FPB) sekaligus Ketua Serikat Pekerja Republik Indonesia (SPRI) Sukoharjo, Sukarno, Senin (25/10/2021) mengatakan, aktivitas di sektor usaha khususnya di industri atau pabrik sudah berangsur normal sejak penurunan status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2 virus Corona. Penurunan level tersebut diikuti dengan pelonggaran aturan yang diberikan pemerintah.

“Sejak turun level 2 aktivitas di sektor usaha berangsur normal. Sudah ada industri mempekerjakan kembali 100 persen buruh walaupun masih ada beberapa lainnya yang angkanya dikisaran 80 persen-90 persen. Termasuk buruh yang sempat dirumahkan sekarang sudah kembali bekerja dan mendapatkan hak berupa upah sesuai UMK atau aturan berlaku,” ujarnya.

Buruh juga sudah mendapat berbagai bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah baik pusat dan daerah. Bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai dan paket sembako.

BERITA REKOMENDASI