Selama Hari Tasyrik, Tim Pemantau Daging Berkeliling

KLATEN (KRjogja.com) – Pada momen Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian Kabupaten Klaten melakukan pengawasan penyembelihan hewan kurban dengan menerjunkan enam tim yang disebar di beberapa titik lokasi. Pengawasan ini dilakukan mulai tanggal 10 Dzulhijjah hingga selama Hari Tasyrik pada 11, 12, dan 13 Dzulhijjah 1437 Hijriyah atau tanggal 12 sampai 15 September 2016.

Selama pengawasan, tim melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan hewan kurban. Hal itu dilakukan guna memastikan apakah hewan kurban itu layak dikonsumsi atau tidak. Dalam pengawasannya, Dinas Pertanian juga melibatkan panitia penyembelihan hewan kurban yang ada di kecamatan dan para takmir masjid.

“Sebelum (hewan kurban) disembelih, kami periksa dulu. Jika aman dan layak maka bisa disembelih dan dagingnya dikonsumsi,” ujar Anggota Tim Pemantau Penyembelihan Hewan Kurban dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian Klaten, Dewi Agus Rina, Senin (12/9/2016).

Ketua Takmir Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Mustari, mengatakan, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha tahun 2016 berjalan dengan baik. Momen ini, panitia menyembelih sebanyak lima ekor sapi dan dua ekor kambing sumbangan dari masyarakat.

“Daging sembelihan didistribusikan secara merata kepada warga yang membutuhkan, baik warga pemohon maupun warga sekitar masjid,” ujarnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI