Selama Pandemi Covid-19, Pengguna Buku Digital Meningkat

Editor: Agus Sigit

BOYOLALI, KRjogja.com – Pelayanan Perpustakaan Daerah (Perpussa) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah yang berada d Simpang Siaga belakang Patung Kuda Arjuna Wijaya selama pandemi Covid-19 waktu pelayanan berubah.

Sebelum pandemi setiap Senin-Jumat dari pukul 08.00 – 20.00 WIB dan Sabtu-Minggu dari pukul 08.00-16.00 WIB. Namun karena situasi pandemi Covid-19, waktu pelayanan berubah yaitu dari pukul 08.00-16.00 WIB di hari Senin sampai Kamis, sedangkan hari Jumat dari pukul 08.00 samapai 11.30 WIB dan hari Sabtu – Minggu libur.

Pelayanan tetap mengutamakan protokol kesehatan. Hal tersebut dikarenakan masih banyaknya pelajar dan mahasiswa yang menggunakan fasilitas Perpusda di masa pandemi ini. Seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Boyolali Paiman saat ditemui di lokasi pada Kamis (26/8/2021).

“Di Kabupaten/Kota lain itu sudah penutupan, kita masih tetap pelayanan waktu itu, cuma pelayanan kita batasi jam kerja kantor, jadi jam delapan sampai jam empat [16.00],” ujarnya.

Secara teknis dijelaskan Paiman, bahwa pelayanan di masa pandemi ini membatasi pengunjung perpustakaan sebanyak 50 orang di dalam ruangan dengan membagikan kunci loker. Untuk ketersediaan masker dan hand sanitizer, Disarpus bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, sehingga jika ada pengunjung yang tidak memakai masker akan diberikan masker oleh petugas perpustakaan. Selain itu, ketika memasuki ruangan pengunjung akan diperiksa suhu badannya.

“Kalau suhunya itu lebih dari 37 kami suruh duduk dulu, kami beri minuman biar tenang dulu, kalau sudah normal boleh masuk. Namun kalau suhunya masih diatas 37, tetep kami tidak menerima untuk masuk. Jadi tetep prokes kami tetep ketat pelayanan ini,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI