Selama Pandemi Covid-19, Pengguna Buku Digital Meningkat

Editor: Agus Sigit

Saat ini Perpusda Boyolali memiliki koleksi buku manual sekitar 33.000 judul, 55.000 eksemplar. Sedangkan untuk koleksi buku digital, terdapat 3.018 judul 7.548 eksemplar. Untuk buku digital, dapat diakses melalui aplikasi perpustakaan digital iBoyolali yang dilengkapi dengan fitur media sosial dan bisa diakses melalui telepon pintar, tablet, laptop, dan dekstop. Aplikasi ini bisa diunduh di Playstore telepon pintar Android atau bisa melalui dekstop www.iboyolali.id.

“Selebihnya diluar jam kantor bisa mengakses lewat e-book kita melalui iBoyolali. Kalau untuk pelayanan iBoyolali itu kan 24 jam full, tanpa melihat tempat, waktu, jadi bisa mengakses,” katanya.

Paiman menambahkan, berdasarkan data statistik, pengakses aplikasi ini meningkat drastis selama pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Disarpus Boyolali berinovasi dengan memberikan penghargaan terhadap pustakawan yang sering mengakses iBoyolali.

“Kalau sebelum pandemi 100 kurang, jadi setelah pandemi ini iBoyolali malah meningkat kurang lebih ya 200,” imbuhnya.

Diungkapkan salah satu pengunjung Perpusda Boyolali, seorang pelajar SMKN 1 Boyolali Helda Adya Khodama, mengaku terbantu dengan adanya layanan wifi gratis untuk mengerjakan tugas sekolah daringnya.

“Alhamdulillah sangat membantu ya, mungkin kita kalau belum dapet dari pemerintah itu bisa ngerjain di sini sama temen-temen. Enak banget, nyaman,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali Darmanto, mengatakan via sambungan telepon, bahwa pembelajaran untuk tingkat PAUD, TK, SD dan SMP di Kabupaten Boyolali selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tetap dilaksanakan secara daring. (M-2)

 

BERITA REKOMENDASI