Seleksi Rampung, Bawaslu Sukoharjo Umumkan 36 Anggota Panwascam

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Tahapan penerimaan calon anggota Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 telah selesai. Seluruh proses telah dilalui dan terpilih 36 orang. Mereka semua akan bertugas di 12 kecamatan dengan rincian tiga orang di masing masing kecamatan. 

Ketua Bawaslu Sukoharjo Bambang Muryanto, Rabu (18/12/2019) mengatakan, total ada 201 orang pendaftar sebagai calon anggota Panwascam Pilkada 2020. Dari jumlah tersebut sebanyak 193 dinyatakan lolos tes administrasi dan berhak mengikuti tahap selanjutnya berupa seleksi CAT. 

Pada pelaksanaan tes CAT digelar ada sebanyak 12 orang absen karena tidak datang dilokasi. Selanjutnya ada 11 orang juga absen tes wawancara. 

“Setelah dilaksanakan semua tahapan seleksi maka sekarang sudah resmi terpilih sebanyak 36 orang calon anggota Panwascam Pilkada 2020,” ujarnya. 

Sebanyak 36 orang tersebut akan bertugas ditotal 12 kecamatan di Sukoharjo. Artinya ada tiga orang ditempatkan di masing masing kecamatan. Mereka nantinya akan mulai bertugas setelah resmi menjabat atau usai dilantik. 

Bawaslu Sukoharjo melihat data dari sebanyak 36 orang calon anggota Panwascam Pilkada 2020 terpilih ini diketahui ada 32 orang laki laki dan empat orang perempuan. Khusus untuk keterwakilan perempuan mengalami peningkatan. Sebab pada Pemilu 2019 hanya ada 3 orang atau 8,33 persen dari total anggota Panwascam maka Pilkada 2020 naik menjadi empat orang atau 11,11 persen. 

Sebanyak 36 orang calon anggota Panwascam Pilkada 2020 juga diketahui ada sebanyak 15 orang atau 41,67 persen merupakan incumbent atau orang lama. Sedangkan sisanya 21 orang atau 58,33 persen merupakan anggota baru. 

Dilihat dari jenis pekerjaan sebanyak 36 orang calon anggota Panwascam Pilkada 2020 diketahui paling banyak merupakan pekerja swasta 24 orang. Rincian lainnya, Aparatur Sipil Negara (ASN) empat orang, peneliti atau dosen tiga orang, guru tidak tetap dua orang, advokad, ibu rumah tangga dan fotografer masing masing satu orang. 

“Pembekalan calon anggota Panwascam Pilkada 2020 akan digelar pada 23 Desember. Selanjutnya setelah itu mereka bisa langsung bekerja,” lanjutnya. 

Bambang melanjutkan, sebanyak 36 orang calon anggota Panwascam Pilkada 2020 mereka memiliki pengalaman berbeda. Paling banyak memiliki pengalaman sebagai Panwascam sebanyak 18 orang, PPD lima orang, tida ada pengalaman empat orang, PPK tiga orang, KPPS dua orang, PTPS, PPS, sekretariat wascam, pegiat atau aktivif masing masing satu orang. 

“Kami harap para anggota Panwascam Pilkada 2020 ini bisa bekerja amanah dan profesional. Sebab seorang Panwascam merupakan garda terdepan mengawal pesta demokrasi,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI