Sempat Anjlok Gegara Covid-19, Bank Klaten Kini Kembali Tumbuh

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – PT. BPR Bank Klaten berhasil mempertahankan pertumbuhan positif di tengah situasi masa pandemi Covid-19. Meski sempat mengalami penurunan pendapatan mencapai 60%, namun itu tak berlangsung lama. Kini bank milik Pemerintah Kabupaten Klaten ini kembali tumbuh.

Direktur Utama PT. BPR Bank Klaten, Tulus Yunianto, mengatakan, pandemi Covid-19 berdampak disemua sektor, termasuk perbankan. Para debitur usaha kecil menengah (UKM) mengalami gangguan usaha, hingga menjadikan penurunan kemampuan membayar kewajiban. Namun berkat kebijakan pemerintah pusat, regulator maupun Pemerintah Kabupaten Klaten, Bank Klaten mulai mengalami pertumbuhan.

“Pada awal munculnya Covid-19 sekitar Maret 2020, nasabah mulai mengalami gangguan. Usaha banyak yang berhenti. Sehingga berpengaruh pada penarikan tabungan. Angsuran mengalami penurunan. Pada bulan April – Mei sampai 60% pendapatan kita turun. Kemudian ada kebijakan dari pemerintah tentang relaksasi maupun stimulus bagi BPR maupun bagi nasabah. Sehingga langsung kita tindaklanjuti,” ujarnya, Rabu (26/08/2020).

Di tengah pandemi Covid-19, lanjut Tulus, Bank Klaten pelan-pelan bisa menyelesaikan permasalahannya. Salah satu yang sudah dilakukan Bank Klaten adalah telah membuat SOP kebijakan secara baik mengenai bagaimana melayani nasabah dan seterusnya, sehingga tidak mengurangi pelayanan kepada seluruh nasabah.

Kemudian Bank Klaten juga menindaklanjuti kebijakan pemerintah, yakni merelaksasi memberikan penangguhan kepada 911 debitur dengan outstanding sebesar Rp 74,6 miliar. Di Soloraya, Bank Klaten yang mampu memberikan penangguhan nasabah paling besar.

BERITA REKOMENDASI