Sempat Tersendat, Pembangunan Tugu Adipura di Proliman Sukoharjo Rampung

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pembangunan tugu adipura di proliman Sukoharjo Kota selesai. Pemkab Sukoharjo tinggal membidik pembangunan serupa di perempatan The Park Mall, Solo Baru, Grogol tahun 2018 mendatang.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sukoharjo, Bambang Sutrisno, Kamis (14/12/2017) mengatakan, pembangunan tugu adipura di proliman Sukoharjo Kota sudah diselesaikan. Kepastian selesai setelah seluruh penutup termasuk kain selubung yang menutupi adipura resmi dibuka pada Rabu (13/12/2017) sore.

Bangunan tugu adipura sekarang sudah bisa dinikmati masyarakat sekitar. Selesainya pembangunan membuat Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sukoharjo lega.

“Pembangunan tugu adipura di proliman Sukoharjo Kota sudah selesai. Sekarang tinggal persiapan membidik pembangunan serupa di perempatan The Park Mall Solo Baru, Grogol tahun depan,” ujar Bambang Sutrisno.

Pengerjaan pembangunan tugu Adipura di Proliman Sukoharjo Kota dikerjakan oleh rekanan CV Adipura Jaya Sukoharjo. Rekanan mendapatkan alokasi waktu pengerjaan selama 170 hari sampai selesai Desember.

“Desain tugu yang baru lebih tinggi sekitar tiga meter atau total keseluruhan tinggi 10 meter,” lanjutnya.

Dinas Perumahan dan Permukiman Sukoharjo pada tahun 2017 ini awalnya berencana membangun dua tugu Adipura. Lokasinya yakni di proliman Sukoharjo Kota dan simpang empat The Park Solo Baru, Grogol.

Namun pada pelaksanaanya pembangunan tugu Adipura baru dilaksanakan di proliman Sukoharjo Kota. Sedangkan di simpang empat Solo Baru, Grogol ditunda sampai tahun 2018 mendatang karena terkendala lelang. Proses lelang gagal karena tidak ada rekanan yang memenuhi syarat.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya menambahkan, pembangunan tugu adipura di proliman Sukoharjo Kota telah selesai. Hal itu sesuai dari laporan dinas terkait. Bupati juga mengaku sudah melihat secara langsung kondisi bangunan yang letaknya tepat berada di depan rumah dinas bupati.

“Tugu itu bukan sebatas simbol saja melainkan juga bukti keberhasilan Pemkab Sukoharjo meraih penghargaan Adipura tahun tahun berturut,” ujarnya.

Tugu adipura selesai dibangun di jantung kota Sukoharjo dan dapat dilihat masyarakat umum. Bupati meminta kepada masyarakat untuk membantu dalam menjaga dan merawat.

“Bangunannya sudah selesai, masyarakat harus membantu merawat jangan dirusak,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI