Serapan Anggaran Tahun 2019 Klaten Dinilai Tidak Optimal

Editor: KRjogja/Gus

KLATEN, KRJOGJA.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DDPRD) menerima LKPJ Bupati Klaten tahun 2019 dengan berbagai catatan. Hampir seluruh Komisi memberikan sejumlah catatan strategis dan rekomendasi terkait penyerapan anggaran yang dinilai masih rendah.

Sehubungan hal itu, Sekda Klaten Jaka Sawaldi, Selasa (28/4) mengemukakan, masih banyaknya sisa anggaran yang tidak terserap, dikarenakan adanya efisiensi. “Tidak terserapnya kan karena efisiensi. Kegiatan sudah dilaksanakan, tapi masih sisa, termasuk sisa lelang,” kata Sekda.

Sebelumnya komisi-komisi DPRD Klaten menyoroti realisasi penyerapan anggaran baik belanja langsung maupun belanja tidak langsung yang masih jauh dari anggaran yang ditetapkan. Realisasi anggaran yang tidak sesuai target tersebut, dinilai kurang memanfaatkan dana yang telah dialokasikan, sehingga bisa mengganggu percepatan pembangunan di Klaten.

Selain itu, masing-masing komisi juga menilai rendahnya penyerapan anggaran menunjukkan bahwa penyusunan, perencanaan program dan penganggaranan kurang matang, sekaligus menyimpang dari kesepakatan yang telah dituangkan dalam APBD 2019.

BERITA REKOMENDASI