Serbuan Vaksinasi Tiga Pilar Menyasar Ratusan Mahasiswa Unwidha

Editor: Agus Sigit

KLATEN, KRjogja.com – Sekitar 400 mahasiswa Universitas Widya Dharma (Unwidha) Klaten, mengikuti vaksinasi dalam program serbuan vaksinasi tiga pilar (TNI-Pemkab Klaten-Polri) yang diselenggarakan di Kampus Unwidha, Kamis (30/9/21).

Rektor Unwidha Prof. Dr Triyono mengemukakan, Unwidha dijadikan sentra untuk melakukan vaksinasi dengan target 2.000 dosis, untuk dosis pertama.

Selain itu, juga terdaftar masyarakat dari 8 kelurahan di Kecamatan Klaten Utara, yang belum tervaksin. Jumlahnya mencapai 11.000. Untuk mengikuti vaksinasi di Kampus Unwidha, sistemnya tidak mendaftar lebih dahulu, melainkan langsung bisa datang.

“Info dari Warek III, dari mahasiswa sekitar 400 orang. Khususnya mahasiswa baru. Mereka sudah lulus SMA/SMK bulan April, sehingga kalau sekarang di sekolah itu ada vaksin, mereka kan sudah tidak bisa ikut vaksin di sana, jadi difasilitasi vaksin di kampus,” kata rektor.

Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo saat mengecek vaksinasi di Unwidha mengemukakan, kegiatan vaksinasi di Kampus Unwidha untuk mengakomodir mahasiswa yang belum tervaksin. Ada sekitar 400 mahasiswa yang belum tervaksin. Dikarenakan di pagi hari masih proses pembelajaran, maka vaksinasi baru dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Ada target selain mahasiswa, yakni masyarakat sekitar kampus. Mereka sudah diundang sekitar 500 hingga 700 orang, sehingga target vaksinasi di kampus Unwidha sekitar 1.000 orang.

Selain di kampus Unwidha, jajaran Polres Klaten juga melakukan serbuan vaksinasidengan sasaran pada pelajar usia 12 tahun ke atas. “Selama satu minggu, sasaran Polres menyisir umur 12 tahun ke atas. Target Polres hingga Sabtu, sebanyak 40 358 orang. Kumulatif dari hari Senin hingga sabtu. Sudah terjadual semua,ada beberapa tempat sekolah yang kita pakai untuk kegiatan vaksinasi ini. Kami untuk SMP, dan TNI untuk Madrasah dan lainya. Jadi sasaran sama-sama 12 tahun,” kata Kapolres.

Kapolres menilai, antusias masyarakat sangat tinggi, dan stok vaksin untuk Kabupaten Klaten sangat mencukupi. “Yang terpenting bagi masyarakat yang belum vaksin silahkan datang di gerai-gerai vaksin, baik yang dilaksanakan di tingkat Puskesmas, desa, maupun sekolahan yang ada di Klaten,” jelas Kapolres.

Dijelasksan kapolres, capaian vaksinasi tingkat Kabupaten Klaten hingga Kamis pagi sebesar 61,24 persen. Forkopimda berupaya agar dalam pekan ini sudah mencapai angka 70 persen.(Sit).

 

BERITA REKOMENDASI