Server Pusat Tersendat, Pencetakan KTP-el Terganggu

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Proses pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo tersendat. Kendalanya karena jaringan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) pusat bermasalah.

Kepala Dispendukcapil Sukoharjo Sriwati Anita, Rabu (27/12) mengatakan, kendala tersebut sudah terjadi sejak beberapa hari karena terpengaruh sistem SIAK pusat. Masalah tidak hanya dialami di Sukoharjo saja melainkan semua daerah di Indonesia. Sebab sumber masalah berada di server pusat dan dampaknya dirasakan semua daerah.

Ditingkat daerah khususnya di Dispendukcapil Sukoharjo tidak ada kendala internal yang menghambat pelayanan pada masyarakat. Setiap hari petugas selalu memberikan pelayanan berkaitan dengan administrasi kependudukan termasuk diantaranya KTP-el.

“Server pusat bermasalah dan menyebabkan gangguan di daerah. Pencetakan KTP-el menjadi tersendat,” ujar Sriwati Anita.

Untuk melakukan proses pencetakan KTP-el Dispendukcapil Sukoharjo perlu mengakses server SIAK pusat. Sebab hal tersebut sudah menjadi aturan. Selain itu juga mencegah terjadinya kesalahan berkaitan dengan data kependudukan pemohon KTP-el.

Apabila lancar maka proses pencetakan KTP-el bisa cepat dan setiap hari Dispendukcapil Sukoharjo mampu melayani sebanyak 400 keping. Namun bila tersendat seperti sekarang maka dalam satu hari jumlah KTP-el yang dicetak tidak tentu.

“Kalau server pusat lancar maka kami bisa cetak per hari 400 KTP-el. Tapi bila tersendat seperti sekarang maka satu KTP-el tidak bisa tercetak,” lanjutnya.

Gangguan yang terjadi sekarang sudah diinformasikan oleh petugas dari pusat. Hal itu penting sekaligus pemberitahuan kepada petugas di daerah untuk diteruskan ke masyarakat khususnya pemohon KTP-el.

“Ditingkat pusat sudah ada usaha perbaikan dan segera diselesaikan. Harapannya server bisa digunakan lagi,” lanjutnya.

Terkait dengan adanya gangguan tersebut Dispendukcapil Sukoharjo sudah memberikan informasi ke masyarakat. Untuk sementara proses pencetakan KTP-el tertunda menunggu perbaikan dari pusat diselesaikan.

Meski begitu Dispendukcapil Sukoharjo masih tetap menerima proses rekam data KTP-el. Hal itu penting sebagai bagian dari proses sebelum dilakukan pencetakan.

“Rekam data KTP-el tetap lanjut. Bahkan kami jemput bola dengan mendatangi masyarakat termasuk ke sekolah,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI