Seto Mulyadi : Gadget Picu Gangguan Mental dan Spiritual

KLATEN, KRJOGJA.com – Komunikasi aktif dan perhatian dari orangtua bisa megontrol anak dari pengaruh buruk penggunaan gadget. Hal itu dikemukakan Seto Mulyadi atau Kak Seto dalam talk show tentang trend penyimpangan perilaku anak dan remaja karena terdampak gadget. Kegiatan itu  diadakan oleh Caring Community Mom (CMC) di gedung Pandanaran kompleks RSPD Klaten, Selasa (11/12).

Menurut Kak Seto salah satu dampak penggunaan gadget yang tidak terkontrol, bisa menyebabkan anak kecanduan pronografi. Hal ini bisa terjadi karena orang tua sering tidak peduli terhadap apa saja yang dilihat anak di gadget. Bisa juga karena orangtua tidak punya waktu untuk mengontrol kegaitan anaknya, atau juga karena orangtua gagap teknologi, sehingga tidak mengerti bagaimana menggunakan gadget. Di sisi lain, juga bisa dikarenakan orangtua melupakan pentingnya kecerdasan moral dan spiritual.

Kak Seto menjelaskan pendidikan untuk anak yang penting saat ini adalah,  pendidikan agama, nilai-nilai dan ketrampilan sosial, seni budaya, olahraga dan kreatifitas. Dengan demikain dharapkan akan membentuk karakter anak menjadi pribadi yang baik.

Untuk tips bergadget sehat, Kak Seto menyarankan agar hanya menggunakan aplikasi yang diperlukan dan bermanfaat saja. Selain itu, kepada para orangtua untuk terus berkomunikasi secara aktif, menjalin kemesraan dalam keluarga, terbuka terhadap kritik anak, sehingga anak akan merasa nyaman dalam lingkungan keluarga. Hal ini bisa menjadi alat untuk menangkal agar anak tidak berperilaku menyimpang.

Founder CMC Apilliani mengemukakan,  tema talk show tersebut sudah dicanangkan setahun lalu. Selama Januari hingga Oktober CMC mempelajari tentang dampak gadget. Selanjutnya melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk menentukan solusi, salah satunya dengan dolanan anak. (Sit)

BERITA REKOMENDASI