Siaga Merapi, Polres Klaten Apel Kebencanaan

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Menyikapi peningkatan status Gunung Merapi pada level III (siaga). Polres Klaten menggelar apel kesiapsiagaan bencana, Jumat (06/11/2020).

Apel  dilaksanakan di halaman Mapolres Klaten diikuti oleh para anggota dan perwira serta para Kapolsek dan seluruh kanit jajaran. Dalam apel tersebut juga dihadirkan peralatan kebencanaan yang dimiliki Polres Klaten diantaranya kendaraan evakuasi,  alat keselamatan perorangan,  gergaji mesin,  perahu karet, peralatan tali temali dan quick respon set dari Sat Sabhara.

Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu mengatakan apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan Polres Klaten dalam menghadapi kejadian bencana alam. Diantara  dengan pengecekan  peralatan dan mengecek kemampuan personel.

Selain masalah hujan, Kapolres juga meminta kesiapan para personel terkait meningkatnya  aktifitas Gunung Merapi sesuai hasil pemantauan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), terkait status keaktifan Gunung Merapi meningkat dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III).

“Hal tersebut harus kita waspadai dimana Kab. Klaten terdapat 3 dusun di Desa Sidorejo dan 3 dusun di Desa Balerante Kec. Kemalang yang masuk sebagai kawasan rawan bencana III erupsi gunung Merapi,” kata Kapolres.

Kapolres menambahkan bahwa pihaknya bersama dengan Forkompinda Kabupaten Klaten telah mengecek langsung ke wilayah Kecamatan Kemalang pada Kamis malam (05/11/2020). Menurut  Kapolres masyarakat di kawasan tersebut sudah siap menghadapi bencana erupsi.

“Lokasi pengungsian maupun masyarakat sudah siap. Masyarakat disana sekarang sudah tinggi kesadarannya, kepala desa menjamin apabila diminta evakuasi maka masyarakat bersedia,” jelas Kapolres.

Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana tahun 2020 Polres Klaten ditutup dengan pengecekan kelengkapan peralatan oleh Kapolres Klaten dan pengecekan kemampuan personel dalam mengoperasikan peralatan tersebut. (Sit)

BERITA REKOMENDASI