Siap Siap Boyolali!, Tertib Bayar Pajak Dapat Mobil

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI (KRjogja.com) – Hingga pertengahan November 2016, realisasi pendapatan dari sektor Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBBP2) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sudah mencapai target.

 

Kepala Bidang PBBP2 dan BPHTB Dinas Pendapatan Pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah (DPPKAD) Boyolali, Bambang Hermanto, Selasa (22/11) menjelaskan, hingga pertengahan bulan ini, realisasi PBBP2 sudah mencapai 100 persen atau sebesar Rp 28,3 miliar dari target yang dibebankan sebesar Rp 28 miliar. Sementara dari BPHTB, realisasinya sudah mencapai 115,5 persen atau sebesar  Rp. 9,247 milyar dari target sebesar Rp 8 milyar.

Selain gencar melakukan sosialisasi dan intensifikasi petugas pemungut pajak, sambungnya, kesadaran masyarakat untuk membayar pajak sudah cukup tinggi. Khusus untuk tingginya pencapaian BPHTB, hal itu disebabkan banyaknya investor yang masuk dan menanamkan modalnya di Boyolali sehingga transaksi pertanahan cukup tinggi. "Selama beberapa tahun terakhir capaian BPHTB cukup tinggi seiring banyaknya investasi," katanya.

‎Untuk menambah kesadaran masyarakat membayar PBBP2, pada 2017 nanti sejumlah kebijakan akan dilakukan, diantaranya pemberian hadiah melalui undian kepada masyarakat yang patuh membayar pajak berupa satu buah sepeda motor di tiap kecamatan serta satu buah mobil di tingkat kabupaten. Masyarakat yang akan ikut pengundian adalah mereka yang aktif dan patuh membayar pajak dalam rentang waktu Januari hingga April 2017 mendatang.

"Adanya hadiah ini diharapkan bisa mendorong wajib pajak agar menunaikan kewajiban pajaknya lebih awal. Pengundian akan dilakukan pada pertengahan tahun nanti," (R-11)

 

BERITA REKOMENDASI