Siapkan Generasi Emas, Pelajar Boyolali Lawatan ke Eropa

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Sebanyak 18 pelajar setingkat SMA/SMK yang terpilih menjadi Duta Seni Boyolali akan melawat ke tiga negara di kawasan Eropa selama 10 hari, Selasa-Kamis (18-27/7/2017) besok. Selain mengenalkan kebudayaan lokal Boyolali ke mancanegara, para duta seni tersebut diharapkan bisa menjadi generasi emas Boyolali di masa mendatang.

Tiga negara di kawasan Eropa yang akan dikunjungi yakni Austria, Ceko, dan Swiss. Di sana, kontingen yang sudah diseleksi dari ratusan siswa SMA/SMK se-Boyolali tersebut akan melakukan berbagai agenda. Selain melakukan kunjungan belajar ke berbagai tempat, mereka juga akan mementaskan berbagai kesenian ke khalayak mancanegara.

Dalam gladi bersih pelepasan kontingen Duta Seni Boyolali di Gelanggang Anuraga, Sabtu (15/7/2017), Bupati Boyolali, Seno Samodro mengatakan, salah satu tujuan dari program Duta Seni yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2012 lalu ini untuk menyiapkan generasi emas Boyolali. sebab dengan melakukan lawatan ke berbagai negara, mereka akan belajar banyak hal dalam memperluas cakrawala pemikiran mereka.

Kesempatan tersebut diharapkan Bupati agar dimanfaatkan sebaik-baiknya.“Sinau sing srgegep,” kata Bupati.

Untuk tahun depan, Seno merencanakan akan kemabli mengirim kontingen Duta Seni ke tiga negara di kawasan lain yakni Mexico, Brazil, dan selandia Baru. Anggaran untuk program seru[a tahun depan juga rencananya akan ditingkatkan, dari Rp 1,3 pada tahun ini menjadi Rp 2 miliar. Negara tujuan Duta Seni Boyolali memang dipilih berbeda-beda tiap tahun. Pada 2016 lalu,  mereka dikirimkan ke negara kawasan Asia Timur yakni Jepang dan Tiongkok. Sementara pada 2015, kontingen dikirim ke kawasan Maerika Utara yakni Amerika Serikat dan Kanada.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali, Darmanto menambahkan, ada sebanyak tujuh tarian yang akan dipentaskan, yakni Tari Garuda, Tani, Sekar Merapi, Turangga Seta, Bedayan, Topeng Ireng dan Poco-poco. Ketujuh tarian tersebut akan dipentaskan di tiga negara yang menjadi tujuan lawatan. (R-11)

BERITA REKOMENDASI