Siapkan Lelang, Proyek Citywalk Dilanjutkan

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sukoharjo siapkan lelang proyek citywalk di Jalan Jenderal Sudirman, Sukoharjo Kota. Total ada tiga paket yang akan dikerjakan tahun ini.

Kepala DPU Sukoharjo Achmad Hufroni, Kamis (04/08/2016) mengatakan pengerjaan akan dilakukan untuk paket II, III dan sebagian IV. Persiapan proyek citywalk di Jalan Jenderal Sudirman, Sukoharjo Kota sudah dilakukan DPU Sukoharjo. Salah satu persiapannya yakni berkaitan dengan izin menutup saluran air dari Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS).

“Total keseluruhan sebenarnya ada lima paket proyek citywalk. Namun beberapa diantaranya sudah dikerjakan tahun lalu dan sisanya dilanjutkan tahun ini,” ujar Hufroni.

Pembangunan citywalk mengambil sumber dana dari bantuan APBN pusat dan APBD Sukoharjo. Untuk APBN pusat sudah selesai dikerjakan, sedangkan sisanya APBD Sukoharjo akan diselesaikan pada tahun ini. DPU Sukoharjo berharap persiapan jauh hari bisa menghasilkan proyek matang.

Data dari DPU Sukoharjo untuk pembangunan citywalk yang dibiayai dari APBN 2015 lalu sebesar Rp 1,8 miliar. Nilai tersebut untuk menutup saluran air sepanjang 250 meter. Sedangkan untuk paket tersisa yang dibiayai dari APBD Sukoharjo tahun 2015 sebesar Rp 29 miliar. Rinciannya, paket I sepanjang 561 meter senilai Rp 6 miliar.

Paket II dan III sepanjang 1 kilometer senilai Rp 14 miliar namun belum terlaksana tahun 2015 lalu karena proses lelang gagal. Karena itu DPU Sukoharjo berencana melanjutkan kembali proyek tahun 2016 ini. (Mam)

BERITA REKOMENDASI