Sistem PPDB Sukoharjo Dimungkinkan Berubah Offline

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran Baru 2018/2019 di Sukoharjo sekitar Juni – Juli mendatang diperkirakan mengalami perubahan sistem dari online menjadi offline atau manual. Hal tersebut dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo menyesuaikan munculnya aturan baru Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang PPDB.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Darno, Selasa (23/01/2018) mengatakan, wacana perubahan sistem PPDB dari online ke offline atau manual memang benar. Perubahan tersebut sekarang sedang dipersiapkan oleh dinas.

Apabila jadi diterapkan maka menjadi penerapan pertama sejak tahun 2011, karena sejak saat itu pelaksanaan PPDB di Sukoharjo selalu online. “Perubahan sistem PPDB online ke manual hanya akan diterapkan di SMP saja yang masih jadi kewenangan kami. Sebab SMA/SMK jadi kewenangan provinsi. Perubahan sistem dilakukan karena nilai Ujian Nasional (UN) tidak lagi menjadi kriteria atau syarat utama,” ujar Darno.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo sudah melakukan persiapan salah satunya berkaitan dengan menghitung kebutuhan rombongan belajar (rombel). Data tersebut sangat penting untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di Sukoharjo.

Rombel nantinya akan didasarkan pada jumlah penduduk di sekitar sekolah, penghitungan tersebut didasarkan pada Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017. “Soal nilai UN itu juga segera diinformasikan ke sekolah dan termasuk masyarakat. Sebab nantinya pada pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2018/2019 terjadi perubahan aturan signifikan,” lanjutnya.

Selain perubahan online ke manual perubahan aturan mendasar dalam PPDB yakni berkaitan dengan syarat mendaftar ke sekolah. Sebab nantinya anak dengan alamat tempat tinggal dekat dengan sekolah akan lebih diprioritaskan.

“Mekanisme pendaftaran menggunakan sistem zonasi. Kuota terbanyak untuk anak di wilayah zonasi tersebut. Sedangkan hanya lima persen untuk di luar zonasi,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI