Siswa Kembali Pembelajaran Jarak Jauh

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) ditengah pandemi virus Corona sekolah tingkat SMP tahun ajaran 2020/2021 berakhir 7 Mei 2021 lalu. Selanjutnya kegiatan belajar mengajar kembali seperti sebelumnya digelar secara online atau daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo, Warsini mengatakan setelah uji coba PTM di SMP berakhir 7 Mei lalu sampai sekarang masih terus melakukan pemantauan. Para kepala sekolah dan guru wajib memberikan laporan perkembangan kondisi di sekolah masing-masing untuk memastikan PJJ tetap berjalan dan tidak memaksakan diri menggelar PTM karena masih pandemi virus Corona.

“Kami minta pada para kepala sekolah dan guru aktif memantau perkembangan siswa selama PJJ. Tidak hanya berkaitan dengan pembelajaran saja, tapi juga mengenai kepatuhan protokol kesehatan. Jangan sampai siswa seharusnya belajar di rumah tapi justru sering beraktivitas diluar dan tertular virus Corona,” jelasnya di Sukohrjo, Jumat (21/05/2021).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Darno mengatakan PJJ diterapkan kembali salah satunya karena faktor kondisi sekarang masih pandemi virus Corona. Disisi lain juga menghindari penyebaran virus Corona usai Lebaran karena banyak aktivitas pemudik. Faktor tidak kalah penting karena adanya evaluasi uji coba PTM sebelumnya.

“Sekarang menunggu tahun ajaran 2020/2021 selesai dan sedang dipersiapkan lagi uji coba PTM tahun ajaran baru 2021/2022 sekitar Juli mendatang. Belum dimatangkan karena butuh persiapan tidak hanya sisi teknis di sekolah namun juga berkaitan pencegahan penyebaran virus Corona dengan melibatkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI