Situs Gunung Kunci jadi Wisata Bersejarah

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Keberadaan situs gunung kunci di Dukuh Gunung Kunci, Kelurahan Kartasura, Kecamatan Kartasura akan dihidupkan lagi sebagai wisata bersejarah. Hal itu diawali dengan kerja bakti bersama warga membersihkan situs dan ke depan perlu kepedulian pemerintah karena memiliki hitoris dengan Kraton Kartasura.

Lurah Kartasura, Kecamatan Kartasura Didik Istiadi, Minggu (10/3) mengatakan, sudah ada niat dari warga masyarakat dan elemen terkait di Kelurahan Kartasura, Kecamatan Kartasura untuk menghidupkan lagi keberadaan situs gunung kunci. Sebab sebagai tempat bersejarah keberadaanya sekarang sudah sangat terpinggirkan dan terlupakan. Hal itu dilihat dengan tidak terawatnya situs gunung kunci. Banyak rumput dan ilalang menutupi sekeliling tempat yang memiliki sejarah panjang dengan Kraton Kartasura tersebut.

“Ada niatan bersama baik dari pemerintah dan warga masyarakat untuk membersihkan dan menghidupkan kembali keberadaan situs gunung kunci sebagai tempat bersejarah. Kedepan akan difungsikan lagi sebagai objek wisata,” ujarnya.

Namun untuk menghidupkan dan mengembangkan keberadaan situs gunung kunci tersebut tidak mudah. Sebab butuh dukungan besar dan dana tidak sedikit. Pemerintah Kelurahan Kartasura, Kecamatan Kartasura berharap ada perhatian besar dari Pemkab Sukoharjo dan pemerintah pusat untuk pelestarian situs gunung kunci.

“Niat warga sudah sangat besar termasuk melaksanakan kerja bakti membersihkan situs gunung kunci dilakukan dengan cara patungan bersama. Kedepan kami harap pemerintah pusat ikut turun membantu,” lanjutnya.

Didik menambahkan, nilai sejarah tidak terlupakan dari situs gunung kunci yakni petilasan Kraton Kartasura. Sejarah inilah yang perlu dijaga dan dilestarikan.  (Mam)

BERITA REKOMENDASI