SMP Krista Gracia Juara I International Contest and Festival of Arts

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – SMP Krista Gracia Klaten, Jawa Tengah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia, dengan merebut 1st Place Winner International Contest & Festival of Arts “Grand Online Eurofest” 2021.

“Ini berkat kerja keras semua pihak. Mengusung tema Aji Saka,  dan berhasil meraih juara pertama pada ajang International Contest & Festival of Arts “Grand Online Eurofest” 2021 Nomination Choreography & Folklore Czech Republic, 27 – 30 December 2021,” kata Kepala SMP Krista Gracia, Kris Setyanto saat jumpa pers di sekolah setempat, Sabtu (08/01/2022).

Kris Setyanto tidak menyangka jika anak didiknya bisa melaju dalam kompetisi seni di tingkat internasional. Selain peran sekolah dan orangtua, pencapaian tersebut dinilai hasil kerja keras dari banyak pihak. Antara lain support Amigo Klaten, Omah Wayang, KRT Suwito Radyo,  dosen ISI Surakarta, Nawayaksa dan lainya.

Tim kesenian SMP Krista Gracia Klaten terdiri lima orang siswa dengan pelatih Septiawan Kurniadi. Yakni, Gendreh Kemasan memegang kendhang, siter dan saron. Valletha Stymaura HK memegang bonang, kethuk dan peking. Gonjang Anom K memegang saron dan gambang. Innocencios Nandito YAS memegang gong, dan Gracia Fortuna A memegang demung dan slenthem.

Untuk mencapai prestasi tertinggi di tingkat internasional tersebut diperlukan pengorbanan yang sangat berat. Gracia Fortuna mengatakan, mereka digembleng untuk persiapan hanya dalam waktu sebulan. Setiap hari laithan menghabiskan waktu antara 10 jam hingga 13 jam, dari pagi hingga malam hari.

“Kalau ada satu yang salah harus diulang ulang lagi semua sampai benar. Ya capek, ngantuk,” kata Valletha dan kawan-kawanya.

Guritno mewakili Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten mengemukakan, tantangan bisa tampil di ajang seni internasional tidaklah mudah. Yang paling mahal adalah konsep, memadukan beberapa konsep menjadi sebuah konsep besar.

Tim kesenian SMP Krista Gracia tersebut sebelumnya memenangkan Fevtival dan Lomba Seni Siswa (FLS2N) tingkat nasional tahun 2021, untuk kategori Musik Tradisional.

Owner Amigo Group, Edy Sulistyanto memberikan apresiasi tinggi atas prestasi tersebut. “Awalnya saya tidak percaya, karena sampai tingkat nasional saja sudah luar biasa. Teruslah berkesenian, berlatih dan berkreasi. Kalau bukan kita yang menjaga budaya kita, siapa lagi?” kata Edy Sulistyanto. (Sit)

BERITA REKOMENDASI