SMP/MTs Swasta Didorong Penuhi Kebutuhan Komputer

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sekolah swasta setingkat SMP/MTs di Sukoharjo didorong untuk memenuhi perangkat komputer dan server internet. Kebutuhan tersebut sangat menunjang kegiatan belajar mengajar termasuk saat menggelar Ujian Nasional dan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sebab sekarang sudah dilakukan online. Meski berat karena jadi tanggungjawab yayasan sekolah namun peralatan tersebut kedepan terus akan digunakan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Darno, Selasa (01/05/2018) mengatakan, seiring perkembangan zaman kebutuhan komputer dan server internet untuk sekolah menjadi hal yang wajib dipenuhi. Tidak hanya sekolah negeri saja namun juga swasta perlu melakukannya.

Seperti halnya sekarang dimana semua sekolah setingkat SMP/MTs di bawah kewenangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo mampu melaksanakan UN secara online komputer atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 100 persen. Artinya sudah tidak ada satupun sekolah SMP/MTs menggelar UN secara manual tertulis lagi.

Pelaksanaan UNBK disemua SMP/MTs membuat lega Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo. Sebab dalam pelaksanaan ujian menjadi lebih mudah. Sebab tidak membutuhkan banyak ruang, guru pengawas dan kertas. Ujian cukup dilakukan menggunakan komputer.

Meski sudah 100 persen namun masih ada beberapa catatan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo dalam pelaksanaan UNBK. Sebab masih ada sekolah swasta yang dalam melaksanakan UNBK harus menumpang atau meminjam peralatan dan ruangan ditempat lain.

"Untuk sekolah negeri semua sudah punya peralatan dan ruangan berupa laboratorium sendiri. Tapi untuk sekolah swasta masih cukup banyak belum memiliki. Jadi kedepan mereka dorong untuk bisa melengkapinya kalaupun tidak bisa langsung maka dapat melakukannya secara bertahap," ujar Darno.

Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Dwi Atmojo Heri, selain UNBK kebutuhan komputer dan server internet dibutuhkan sekolah untuk penyelenggaraan PPDB.Mengingat pentingnya kebutuhan tersebut maka diharapkan sekolah bisa memenuhinya secara bertahap.

Apabila tidak dikhawatirkan bisa mengganggu penyelenggaraan kegiatan pendidikan di sekolah. Pada penyelenggaraan UNBK tingkat SMP/MTs di Sukoharjo kali ini tidak ditemukan kendala peralatan di sekolah.

Saat ujian hanya ditemukan gangguan server dari pusat dan bukan kesalahan daerah. Kendala tersebut diharapkan tidak akan terulang saat UNBK tahun depan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI