SMPN 1 Kartasura Mulai Uji Coba PTM

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – SMPN 1 Kartasura melaksanakan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) mulai Senin (19/04/2021) hingga Jumat (30/04/2021) mendatang. Pada hari pertama uji coba PTM tersebut ada sembilan siswa tidak masuk ke sekolah dan masih menerapkan pembelajaran online karena kendala mereka belum bisa diantar orang tua dan menggunakan transportasi umum. Pemkab Sukoharjo sendiri sudah mengeluarkan kebijakan memperpanjang uji coba PTM sekolah ditingkat SMP ditiap kecamatan.

Kepala SMPN 1 Kartasura Viveri Wuryandari mengatakan sesuai aturan siswa yang mengikuti uji coba PTM wajib berangkat dari rumah dengan diantar orangtua menggunakan kendaraan pribadi. Siswa tidak diperbolehkan naik transportasi umum sebagai bentuk pencegahan penyebaran Virus Corona sesuai dengan kebijakan pemerintah.

SMPN 1 Kartasura bisa memaklumi dan meminta pada sembilan siswa tetap melanjutkan pembelajaran online seperti sebelumnya. Pihak sekolah tetap memantau proses belajar sembilan siswa di rumah.

SMPN 1 Kartasura menyiapkan sebanyak enam ruang kelas untuk pelaksanaan uji coba PTM. Masing masing kelas diisi sebanyak 16 siswa dengan pengaturan jarak meja dan kursi. “Siswa yang ikut uji coba PTM yakni kelas VIII B, VIII C dan VIII I. Ada dua mata pelajaran diajarkan guru langsung dikelas tanpa jam istirahat. Kegiatan dimulai pukul 07.15 WIB hingga 09.30 WIB,” lanjutnya.

Viveri mengatakan, antusias siswa dan termasuk guru mengikuti pelaksanaan kegiatan uji coba PTM sangat tinggi. Terbukti para siswa dan guru datang ke sekolah pagi sekali dan belajar dengan semangat. Hal ini menunjukan bahwa siswa ingin belajar seperti semula di sekolah.

Siswa dan guru yang baru datang di sekolah dilakukan penanganan sesuai protokol kesehatan. Siswa dan guru wajib masuk ke ruang bilik disinfektan untuk dilakukan penyemprotan, selanjutnya dicek suhu tubuh dan mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir. Siswa dan guru juga diwajibkan memakai masker.

Pemeriksaan lanjutan juga dilakukan pihak SMPN 1 Kartasura dengan menerjunkan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona. Petugas melakukan pengecekan disemua ruang kelas dan sekolah. Termasuk meminta keterangan siswa dan guru apabila dalam kondisi sakit seperti flu dan batuk agar sementara waktu tidak masuk sekolah dan beristirahat di rumah.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Warsini, mengatakan, uji coba PTM tahap pertama di SMPN 1 Sukoharjo sudah selesai dilaksanakan pada 5-16 April lalu. Selama uji coba PTM tersebut berjalan dengan lancar setelah dilakukan pemantauan setiap hari sejak awal hingga akhir kegiatan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI