SMPN 2 Karangnongko Kembangkan Budidakolponik

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – SMPN 2 Karangnongko, Kabupaten Klaten mengembangkan budidaya ikan dalam kolam dan tanaman hidroponik (Budidakolponik). Upaya ini sebagai tindaklanjut pengembangan wirausaha sekolah Adiwiyata.

Kepala SMPN 2 Karangnongko, Anik Ariastuti, mengatakan, budidakolponik berbentuk konservasi air. Ide ini muncul ketika di sekolah ada bak kosong yang dulu digunakan untuk penampungan air hujan. Kemudian sekolah memodifikasi bak tersebut menjadi kolam budi daya ikan.

“Kita kolaborasi dengan tim bank sampah untuk mendapatkan botol-botol bekas air mineral dan gelas plastik bekas minuman. Botol dan gelas plastik ini untuk tanaman hidroponik melengkapi kolam budi daya ikan,” ujarnya, Rabu (24/06/2020).

Dijelaskan, budi daya kolam yang dikembangkan yakni ikan lele. Sedangkan tanaman hidroponik berupa aneka sayuran seperti selada, seledri, sawi, dan lainnya. Budidakolponik yang dikembangkan di sekolahnya kini telah menuai hasil.

“Budi daya ikan lele yang dikolaborasikan dengan tanaman hidroponik ini sudah panen satu kali. Untuk lele bisa panen mencapai 65 kilogram. Semua hasil panen untuk pengembangan sekolah Adiwiyata,” ujarnya.

Budidakolponik yang dikembangkan SMPN 2 Karangnongko kini menjadi aktivitas para guru di sela pembelajaran daring. Secara rutin para guru merawat tanaman dan kolam. (Lia)

BERITA REKOMENDASI