Soal Jalan Tol Solo-Yogya, Sosialisasi dan Konsultasi Publik Dinilai Langgar Aturan

Selain itu, lanjut Himawan, pematokan yang dilakukan oleh panitia pengadaan tanah seharusnya secara etis didahului dengan sosialisasi agar warga terdampak mengetahui apa maksud dan tujuan dari pematokan tersebut. Sedangkan proses yang terjadi sekarang adalah dipatok dulu baru disosialisasikan. Hal ini menurutnya membingungkan masyarakat terdampak.

Himawan juga mewanti-wanti agar panitia pengadaan tanah harus mengunci transaksi jual beli tanah di kawasan terdampak, agar tidak muncul spekulan yang memanfaatkan kesempatan di tengah lambatnya proses pengadaan yang dilakukan panitia.

Sementara itu, pada sosialisasi dan konsultasi publik pengadaan tanah tahap pertama, Selasa (04/08/2020), Kepala Seksi (Kasi) Fasilitas Pengadaan Tanah dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah, Gaffar Moh Nadsir, menyampaikan beberapa poin penting tahapan pengadaan tanah.

Dijelaskan, sesuai UU Nomor 2 Tahun 2012 dan Perpres Nomor 71 Tahun 2012 serta Perpres Nomor 148 Tahun 2015 ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan, yakni tahap perencanaan, tahap persiapan, dan tahap pelaksanaan.

BERITA REKOMENDASI