Sosialisasi Imunisasi MR Gratis Terus Digencarkan DKK Sukoharjo

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Anak berusia 9 bulan sampai 15 tahun di Sukoharjo mendapatkan kesempatan mengikuti imunisasi Measles Rubella (MR) atau Campak dan Rubella gratis pada Agustus – September mendatang. Sosialisasi sekarang gencar dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo dengan memasang baliho disejumlah wilayah salah satu sasarannya yakni di sekolah.

Kepala DKK Sukoharjo Nasruddin, Kamis (20/7/2017) mengatakan, imunisasi MR tersebut merupakan program dari pemerintah pusat termasuk menyasar Kabupaten Sukoharjo. Masyarakat yang memiliki anak berusia 9 bulan sampai 15 tahun berhak mendapatkan imunisasi gratis. Tempat pelayanan dilakukan di Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan rumah sakit swasta di Sukoahrjo yang ditunjuk pemerintah.

Imunisasi MR wajib dan sangat penting dilakukan oleh masyarakat yang memiliki anak 9 bulan sampai 15 tahun. Sebab virus Campak dan Rubella sangat berbahaya.

“Seperti virus Rubella apabila terkena ibu hamil sangat berbahaya. Bila tertular pada anak yang dikandungnya maka bisa menyebabkan kecacatan sampai meninggal dunia,” ujar Nasruddin.

Sebelum dilaksanakan imunisasi MR pada Agustus sampai September mendatang maka sekarang sosialisasi gencar dilakukan DKK Sukoharjo. Bentuknya yakni dengan memasang baliho disejumlah wilayah berisi informasi pelaksanaan imunisasi.

Sasaran sosialisasi dilakukan disejumlah sekolah sesuai dengan instruksi dari pemerintah. Nantinya dalam pelaksanaan imunisasi akan dilaksanakan petugas DKK Sukoharjo disekolah.

“Siswa sekolah akan mendapatkan imunisasi di sekolah. Sedangkan anak yang belm sekolah bisa mendapatkan imunisasi di Posyandu, Puskesmas, RSUD dan rumah sakit swasta yang ditunjuk,” lanjutnya.

DKK Sukoharjo menjamin seluruh anak bisa mendapatkan pelayanan imunisasi secara gratis. Sebab pemerintah telah menyediakan stok vaksin sangat banyak. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI