SPDAG dan Komunitas Sungai Bersihkan Kali Pusur

KLATEN, KRJOGJA.com – Serikat pekerja Danone AQUA Grup (SPDAG) kolaborasi dengan CSR, serta komunitas sungai RTPA dan Watu Kapu melakukan aksi bersih Sungai Pusur.

Stakeholder Relation Manager Pabrik AQUA Klaten Rama Zakaria didampingi Media Goverment Relation Moh. Ramadhan Minggu (09/12/2018) menjelaskan kegiatan bersih-bersih sungai dilakukan sekitar 40 orang, gabungan dari beberapa eleman tersebut sebagai aplikasi dari program bijak berplastik. Kegiatan ini diharapkan menjadi pemicu dan bisia menjadi contoh riil bagi masyarakat sekitar Kali Pusur, untuk melakukan gerakan bersih sungai secara massif.

Rama Zakaria menjelaskan, kepedulian masyarakat terhadap kelestarian dan kebersihan sungai sudah cukup bagus. Namun demikian, masih perlu ada gerakan yang lebih massif, serta upaya untuk terus melakukan sosialisasi. Yakni gerakan secara intensif untuk menyadarkan masyarakat agar stop membuang sampah di sungai.

"Penyadaran menjaga sungai ini perlu dilakukan secara komprehensif. Jika sebagian sadar, yang lainya tetap membuang sampah di sungai, persoalan pencemaran sungai, kerusakan habitat sungai tak akan pernah terlesaikan dengan baik. Misal yang lain bersih-bersih, tapi sebagian kecil lainya tetap buang sampah di sungai, kan kasihan yang bersih-bersih terus,” jelas Rama Zakaria.

Menurut Rama Zakaria, aksi berish sungai ini penting, namun yang terpenting adalah merubah perilaku masyarakat agar tak lagi membuang sampah di sungai. Jika perilaku berish tersebut sudah menjadi budaya, secara otomatis sugnai akan bersih. (Sit)

BERITA REKOMENDASI