Spesialis Pencuri Ternak Dibekuk, Tiga Lainnya Masih Buron

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI (KRjogja.com) – Kurang dari 24 jam, identitas komplotan maling sapi yang gagal melakukan aksinya di Desa Mudal, Kecamatan Boyolali Kota, Selasa (9/1) dinihari kemarin, berhasil diuangkap. Satu orang anggota komplotan spesialis pencuri hewan ternak tersebut sudah ditangkap, sementara tiga lainnya masih diburu petugas.

"Ditangkap kemarin sore di rumahnya, sekitar pukul tujuh malam," kata Kapolsek Boyolali Kota, AKP Setyo Budiyono, Rabu (10/1). 

Identitas pelaku yang ditangkap yakni SWD (55), warga Desa/Kecamatan Cepogo, setelah polisi menelusuri kepemilikan mobil yang digunakan untuk sarana pencurian. Mobil tersebut ternyata digunakan para pencuri tanpa sepengetahuan pemiliknya. "Jadi itu mobil titipan, tapi malah digunakan untuk mencuri,"

Dari hasil pengakuan tersangka, lanjut Kapolsek, ia sudah beberapa kali melakukan pencurian hewan ternak di berbagai wilayah di Boyolali. Modusnya sama, yakni dengan mengambil ternak di malam hari, langsung dari kandang. Ternak kemudian diangkut dengan mobil untuk dijual ke pasar hewan. "Pengakuannya sudah melakukan beberapa kali. Bisa dikatakan komplotan tersebut spesialis pencuri hewan ternak,"

Saat ini, pihaknya masih terus mengorek informasi dari SWD untuk mengungkap identitas para pelaku lain serta lokasi yang pernah menjadi sasaran tindak kejahatan komplotan tersebut. "Kita berkoordinasi dengan Polres dan Polsek lain untuk memburu tersangka lainnya," tandasnya. 

Diinformasikan, pada Selasa dinihari kemarin, upaya pencurian ternak di Desa Mudal berhasil digagalkan setelah aksi mereka ketahuan pemilik rumah. Karena dikejar warga, para pelaku langsung lari tunggang langgang, meninggalkan mobil serta dua ekor sapi yang sedang diangkut. Warga sempat berupaya merusak dan membakar mobil tersebut, namun berhasil dicegah petugas kepolisian. (Gal) 

BERITA REKOMENDASI