Sri Mulyani Fokus Lima Prioritas Pembangunan Klaten

Bupati Klaten menyatakan, pemulihan kesehatan dilakukan dengan tetap mencegah penyebaran virus dengan disiplin protokol kesehatan, perawatan terhadap penderita, dan pelaksanaan vaksinasi. Sedangkan pemulihan ekonomi dilakukan dengan mendorong sektor-sektor yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mulai dari pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan segala bentuk kendala regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi.

Pada tahun ke 3 (tiga) sampai tahun ke 5 (lima) difokuskan untuk pemanfaatan sumber daya berkualitas, penyediaan sarana prasarana berkualitas dan perwujudan dunia usaha yang kondusif, salah satunya adalah pembangunan Jalan Tol Solo-Jogja. Kemudian bidang prioritas yang dikemtangkan adalah pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif yang dikembangkan untuk mendukung branding Kabupaten Klaten guna meningkatkan daya saing daerah.

Prioritas di bidang pertanian akan berfokus pada pengembangan PAJALE (Padi, Jagung, Kedele) dengan penerapan teknologi yang inovatif, kreatif dan produktif. Salah satunya pengembangan varietas padi unggulan (Rajalele Srinuk dan Srinar) dan pemanfaatan Agrotechno Park (ATP) Klaten.

Bidang industri akan mengembangkan potensi 11 Klaster UKM di Klaten yakni Klaster Lurik, Klaster Batik, Klaster Keramik, Klaster Makanan Olahan, klaster lereng Merapi, Klaster minapolitan, klaster logam, klaster mebel, klaster konveksi, klaster handicraft, dan Klaster desa wisata.

BERITA REKOMENDASI