Sri Mulyani Naik Perahu Resmikan Lumpang Tjokro

Editor: Ivan Aditya

KLATEN, KRJOGJA.com – Bupati Klaten Sri Mulyani meresmikan tempat wisata kuliner Lumpang Tjokro di Desa Wangen, Polanharjo, Klaten, Kamis (24/09/2020) sore. Rumah makan tersebut diharapkan bisa mendukung pengembangan wisata di Klaten khususnya wilayah utara.

Selain menandatangai prasasti, Bupati juga melihat-lihat konsep tempat jajan outdoor tersebut. Bahkan Bupati juga mencoba menaiki perahu kecil yang didayung oleh owner Lumpang Tjokro Danang Heri Subyantoro.

Bupati berharap pihak manajemen untuk melakukan pengawasan ketat terkait protokol kesehatan dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19. Aturan ketat harus diterpakan baik pada pengeloala maupun para pengunjung.
“Semoga bisa lebih menyemarakkan wisata dan menghidupkan ekonomi di Polanharjo. Sajian menu tradisional juga menarik untuk pelestarian warisan lelehur,” kata Bupati.

Danang Heri Subyantoro mengemukakan, Lumpang Tjokro didesain open restoran, berada di tengah sawah, dengan hamparan tanaman padi dan berbagai macam tanaman lainnya, serta kolam ikan dengan perahu ditengahnya..

Lumpang Tjokro dibangun secara alami, gazebo peninggalan jaman dulu, Joglo yang masih asli, dan jalan masuk menggunakan limbah kayu dari sisa pembuatan pati onggok.

Berbagai ornamen berupa andong, luku yang ditarik sapi, dan berbagai lumpang /lesung menghiasi area Lumpang Tjokro. Para tamu undangan dihibur kesenian Gejog Lesung dari Desa Glagahwangi yang dipimpin oleh Drs Joko Maduwiyoto.

“Lumpang Tjokro juga merupakan tempat edukasi bagi para pengunjng baik umum maupun pelajar dan mahasiswa. Mereka bisa belajar cara memerah susu sapi langsung dari sapi yang sudah disediakan oleh pengelola. Cara menanam dan merawat empon-empon, juga bisa memasak sedniri masakan tradisional khas Lumpang Tjokro,” jelas Danang. (Sit)

BERITA REKOMENDASI