Stok dan Harga Pangan di Sukoharjo Aman

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Stok dan harga kebutuhan pokok pangan di pasar tradisional seminggu menjelang Lebaran aman. Pedagang memiliki stok barang melimpah dan harga stabil atau tidak ada lonjakan. Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo akan terus melakukan pemantauan dan diharapkan kondisi tersebut tetap terjaga hingga Lebaran dan setelahnya mendatang.

“Kondisi normal. Stok dan harga kebutuhan pokok pangan menjelang Lebaran aman dan tidak ada gejolak. Stok di pedagang masih melimpah dan harga juga stabil bahkan beberapa jenis barang mengalami penurunan harga karena stok berlebih,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo Iwan Setiyono, Rabu (05/05/2021).

Data dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo diketahui harga beras termurah Rp 9.000 per kilogram, beras medium Rp 10.000 per kilogram, beras premium Rp 11.000 per kilogram, gula pasir Rp 12.500 per kilogram, minyak goreng curah Rp 14.000 per liter, daging sapi paha depan Rp 100.000 per kilogram, daging sapi paha belakang Rp 115.000 per kilogram, daging ayam Rp 38.000 per kilogram, telur ayam Rp 22.000 per kilogram, cabai merah besar Rp 30.000 per kilogram, cabai merah keriting Rp 30.000 per kilogram, cabai rawit merah Rp 50.000 per kilogram, cabai rawit hijau Rp 25.000 per kilogram.

Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sukoharjo juga mencatat harga bawang merah Rp 26.000 per kilogram, bawang putih honan Rp 23.000 per kilogram, bawang putih kating Rp 26.000 per kilogram. Beberapa harga kebutuhan pokok pangan menjelang Lebaran mengalami penurunan seperti cabai.

“Harga cabai sebelumnya naik tinggi dan sekarang terus turun. Kenaikan harga juga sempat terjadi pada daging ayam dan telur ayam. Sekarang masih stabil dan memang masih tinggi diharapkan harga daging ayam dan telur ayam tidak naik lagi. Sedangkan harga kebutuhan pokok pangan lain tetap masih stabil,” lanjutnya.

Lurah Pasar Ir Soekarno Sukoharjo Widadi Nugroho mengatakan, stok dan harga bahan kebutuhan pokok pangan menjelang Lebaran masih aman. Tidak ada gejolak yang ditemukan hingga menyebabkan kelangkaan barang dan kenaikan harga tinggi.

Pengelola Pasar Ir Soekarno Sukoharjo akan terus memantau stok dan harga bahan pokok pangan hingga Lebaran mendatang. Sebab pada beberapa jenis barang dikhawatirkan terjadi masalah salah satunya daging ayam. (Mam)

BERITA REKOMENDASI