Stupa di Desa Nepen Belum Terjamah Penelitian

Editor: Ivan Aditya

BOYOLALI (KRjogja.com) – Keberadaan beberapa stupa di Desa Nepen, Kecamatan Teras diperkirakan merupakan peninggalan kebudayaan Budha. Situs peninggalan sejarah tersebut hingga kini masih terbengkelai. Warga minta agar stupa-stupa tersebut diteliti lebih lanjut sebab temuan artefak peninggalan sejarah tersebut terbilang langka.

Setidaknya terdapat empat stupa yang berada di Desa Nepen. Di Dukuh kestalan, terdapat stupa utuh dengan tinggi sekitar 1,5 meter dengan diameter sekitar 1,2 meter. Stupa tersebut terbuat dari satu batu utuh dan tak mempunyai rongga. Dimensi stupa tersebut mirip dengan stupa yang ada di Candi peninggalan kebudayaan Budha.

Sekitar 500 meter dari lokasi stupa, yakni di Dukuh Nepen, Desa Nepen, terdapat dua stupa lain yang sebagian masih terpendam di dalam tanah. Satu stupa berdiameter sekitar 1,2 meter berbentuk lingkaran dengan cekungan di tengah dan separuh bagian stupa masih terpendam di dalam tanah.

Sementara satu stupa lain juga berbentuk lingkaran berdimaterer 1,5 meter dengan dasar berbentuk segi delapan. Oleh warga, stupa ini disambungkan dengan batu-batuan lain menjadi pondasi kandang ayam.

Muhtadi, warga setempat mengatakan, stupa-stupa tersebut sudah diketahui warga sejak lama sejak ia masih kecil. Oleh warga, stupa-stupa tersebut dibiarkan saja tak tersentuh sama sekali sebab ada kepercayaan warga setempat bahwa stupa tersebut mempunyai nilai mistis. “Sudah beberapa kali pemerintah ke sini melihat stupa-stupa tersebut, namun sampai sekarang belum diapa-apakan,” terangnya.

Selain tiga stupa tersebut, sebenarnya ada dua benda cagar budaya lain yang berada di lokasi sekitar. Di dekat  stupa di kestalan, kata Muhtadi, ada batu bundar dengan diameter 2 meter dan lebar mencapai 1 meter. Namun stupa tersebut sudah hilang kira-kira 10 tahun lalu. Sementara di dekat stupa di Dukuh Nepen, ada satu stupa lagi yang masih terpendam di dalam tanah.

Sejarawan Museum Boyolali, Surojo mengungkapkan, bila perkiraannya benar bahwa stupa tersebut adalah peninggalan kebudayaan Budha maka itu adalah satu-satunya artefak kebudayaan Budha yang ditemukan di Boyolali. “Benda cagar budaya di Boyolali kebanyakan dari kebudayaan Hindu,” ucapnya. (M-9)

BERITA REKOMENDASI