Sudah Berkekuatan Hukum, Barang Bukti Langsung Dimusnahkan

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Sejumlah barang bukti yang sudah berkekuatan hukum tetap atau inkrah dimusnahkan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo. Pemusnahan digelar di halaman kantor Kejari Sukoharjo dengan disaksikan Muspida Sukoharjo, Senin (22/10/2018). Barang bukti yang dimusnahkan seperti narkoba jenis sabu, kosmetik, obat ilegal dan lainnya. 

Kepala Kejari Sukoharjo Tatang Agus Valleyantono mengatakan, semua barang bukti yang dimusnahkan sudah berkekuatan hukum tetap. Artinya penanganan kasus sudah diputus oleh pihak Pengadilan Negeri (PN) Sukoharjo. Dengan demikian barang bukti yang dimusnahkan sudah sah.

Total ada 25 perkara yang sudah di putus PN Sukoharjo dan semua barang bukti dari kasus tersebut dimusnahkan. Barang bukti tersebut meliputi narkoba jenis sabu 69,945 gram, obat psikotropika pil calmlet 150 butir, aprazolam empat butir, riklona dua butir airsoftgun satu unit, jamu dan obat ilegal sebanyak lima karung, celana dan kaos 25 potong dalam tindak pidana pencurian, pengeroyokan dan narkotika. Selain itu masih ada barang bukti lainnya berupa timbangan digital, ATM, tas, dompet, pipet dan lainnya.

“Pemusnahan dilakukan dengan berbagai cara seperti narkoba jenis sabu dimasukan dalam blender. Sedangkan barang bukti lainnya ada yang dibakar. Khusus airsoftgun dipotong menggunakan mesin,” ujarnya.

Tatang mengakui, dalam pemusnahan barang bukti kali ini memang yang menjadi sorotan yakni narkoba. Sebab jumlahnya paling besar dibanding lainnya.

“Untuk jumlah pelaku atau tersangka tindak kriminal ini ada cukup banyak. Sebab masing masing barang bukti yang dimusnahkan memiliki pelaku sendiri,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI