Sukoharjo Kabupaten Tertinggi Corona di Solo Raya

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Di wilayah Solo Raya jumlah kasus positif virus corona di Sukoharjo merupakan tertinggi mencapai 37 kasus. Wacana penerapan PSBB dianggap efektif apabila dilakukan oleh semua daerah di wilayah Solo Raya. Pembatasan total dilakukan bersama agar penyebaran virus corona tidak terjadi lagi.

“Petugas kesehatan baik tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan sudah maksimal. Petugas bahkan melakukan pelayanan dengan turun langsung pemeriksaan di rumah warga,” kata Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati di Sukoharjo, Sabtu (02/05/2020).

Pemeriksaan juga dikakukan petugas kesehatan di Sukoharjo terhadap pemudik atau pendatang. Mereka jadi sasaran mengingat rawan membawa virus dari daerah asal.

Kasus positif virus corona tersebar di lima kecamatan, yakni Kecamatan Grogol, Kecamatan Baki, Kecamatan Kartasura, Kecamatan Mojolaban, dan Kecamatan Nguter. Kelima kecamatan tersebut sudah ditetapkan zona merah karena sudah ada temuan kasus positif virus corona.

Dalam penanganan kasus positif virus corona, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo menyiapkan tempat isolasi mandiri. Salah satunya berencana menggunakan Barak Dalmas Polres Sukoharjo di wilayah Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo.

Tempat isolasi mandiri sangat diperlukan dalam kondisi seperti sekarang ini. Sebab jumlah kasus positif virus corona di Sukoharjo dalam perkembanganya terus menunjukan kenaikan.

Yunia menjelaskan, Barak Dalmas Polres Sukoharjo direncanakan akan digunakan sebagai tempat melakukan isolasi bagi warga yang terkonfirmasi positif virus corona namun dalam kondisi sehat dan tidak memungkinkan dilakukan isolasi mandiri dirumah. Kriteria tersebut ditetapkan agar lebih mudah dalam melakukan penanganan.

“Kasus terkonfirmasi positif tapi kondisinya sehat sehingga tidak diisolasi di rumah sakit dan menggunakan Barak Dalmas Polres Sukoharjo di wilayah Kelurahan Mandan, Kecamatan Sukoharjo,” lanjutnya.

Di Barak Dalmas Polres Sukoharjo nanti akan dibuat tiga zona isolasi mandiri dalam penanganan kasus positif virus corona. Zona tersebut, mulai zona hijau, kuning, dan merah. (Mam)

BERITA REKOMENDASI