Sukoharjo Kembali Masuk Zona Merah

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Status Kabupaten Sukoharjo naik dari sebelumnya zona oranye atau tingkat risiko penularan virus Corona sedang menjadi zona merah atau tingkat risiko penularan virus Corona tinggi. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo akan semakin memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan dan Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Sabtu (26/06/2021) mengatakan, status Kabupaten Sukoharjo sebelumnya sudah lama pada posisi zona oranye. Namun terhitung per 25 Juni malam status Sukoharjo naik menjadi zona merah. Perubahan status disebabkan karena melonjaknya kasus positif virus Corona dalam beberapa hari terakhir.

“Perkembangan kasus penyebaran virus Corona sangat pesat di Sukoharjo. Kami dikelilingi oleh daerah zona merah dan pada akhirnya pada Jumat (25/06/2021) malam Kabupaten Sukoharjo masuk zona merah,” ujarnya.

Perubahan status dari zona oranye ke merah membuat Pemkab Sukoharjo dan jajaran petugas terkait langsung mengambil sikap. Upaya terus dilakukan untuk penanganan dan pencegahan penyebaran virus Corona di Sukoharjo. Kegiatan penerapan protokol kesehatan dan pengetatan pengawasan PPKM Berbasis Mikro akan dilakukan pemerintah daerah bersama dengan TNI dan Polri.

Bentuk kegiatan tersebut seperti operasi yustisi disemua wilayah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona. Pemkab Sukoharjo juga akan memaksimalkan peran Jogo Tonggo untuk mencegah penyebaran virus Corona di tingkat RT dan RW.

“ICU dan tempat tidur di rumah sakit sudah penuh. Rumah sakit sudah sesak karena pandemi virus Corona. Masyarakat nyuwun tulung jangan abai. Tetap patuhi protokol kesehatan karena virus Corona benar ada,” lanjutnya.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, Polres Sukoharjo akan lebih menggencarkan operasi yustisi mengingat sekarang kasus positif virus Corona terus mengalami peningkatan. Kegiatan digelar serentak disemua wilayah untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran. (Mam)

BERITA REKOMENDASI