Sukoharjo Kembangkan Klaster Ternak

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Pengembangan klaster ternak terus dilakukan disejumlah wilayah. Dinas Pertanian dan Perikanan memberikan pendampingan kepada kelompok warga yang mengembangbiakan sapi, kambing, lele dan nila. Beberapa hewan ternak lain juga mulai dilirik seperti ayam dan bebek.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Netty Harjianti, Kamis (01/10/2020), mengatakan, sektor peternakan di Sukoharjo sudah mengalami kemajuan sejak beberapa tahun terakhir. Ternak yang dulu dikelola secara tradisional atau dilakukan perorangan maka sekarang sudah berkembang menjadi lebih maju dan modern karena melibatkan kelompok atau klaster.

Hewan ternak yang paling banyak dipilih oleh warga seperti sapi, kambing, lele dan nila. Pilihan tersebut dilakukan karena mudah dikembangbiakan dan laris dipasaran. Pengembangan terus dilakukan Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo dengan menambah klaster ternak disejumlah wilayah. Hal itu dilakukan seiring besarnya minat warga mengembangan usaha peternakan.

“Banyak pilihan warga sekarang mengembangan sektor peternakan. Mengingat kondisi ekonomi sekarang sedang susah ditengah pandemi virus corona. Kami terus memberikan pendampingan dan pengembangan agar usaha warga semakin maju,” ujarnya.

Netty menjelaskan, klaster ternak sudah banyak berdiri dan berkembang disejumlah wilayah. Salah satu yang sukses seperti klaster ternak sapi di wilayah Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari. Usaha tersebut bahkan mendapat apresiasi dari pemerintah pusat dengan memberikan banyak bantuan.

Klaster ternak lainnya juga sudah berkembang dengan pilihan hewan kambing. Bahkan dalam perkembanganya sekarang ditengah pandemi virus corona, banyak warga dikatakan Netty mengembangkan usaha ternak ikan seperti lele dan nila. Usaha tersebut terlihat dengan banyak dibukanya kolam oleh warga.

“Pemberdayaan masyarakat terlihat disini dimana klaster ternak ini dikelola banyak orang dengan maksud agar terus berkembang dan memberikan hasil. Artinya ada harapan perbaikan ekonomi kedepan ditengah pandemi virus corona,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI