Sukoharjo Masuk Nominasi Penerima Penghargaan APE 2021

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Kabupaten Sukoharjo masuk nominasi penerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2021. Proses verifikasi penghargaan dibidang kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak tersebut digelar secara virtual di Lantai 10 Gedung Menara Wijaya Pemkab Sukoharjo, Selasa (06/04/2021).

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan, penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2021 digelar oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kabupaten Sukoharjo masuk dalam nominasi penerima penghargaan tersebut. Penghargaan itu bergerak dibidang kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melakukan proses terhadap daerah yang masuk dalam nominasi penerima penghargaan salah satunya Kabupaten Sukoharjo. Proses verifikasi dilakukan secara virtual mengingat kondisi sekarang masih pandemi virus Corona.

Etik Suryani menjelaskan, Pemkab Sukoharjo selama ini sudah melakukan berbagai upaya untuk percepatan implementasi Pengarusutamaan gender (PUG) di Sukoharjo salah satunya dengan dukungan regulasi berupa Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) PUG Tahun 2021 dan Pembuatan Rancangan Aksi Daerah PUG yang sudah dianggarkan di APBD Tahun 2021.

Pemkab Sukoharjo semakin peduli terhadap kesetaraan gender dengan berencana menggelar pelatihan Perencanaan Penganggaran Berbasis Gender (PPBG). Pelatihan akan digelar dengan diikuti peserta dari seluruh perangkat daerah dan kecamatan se Kabupaten Sukoharjo.

“Peran perempuan di Kabupaten Sukoharjo sudah semakin maju. Sebab banyak perempuan sekarang menduduki kepala organisasi perangkat daerah (OPD), anggota DPRD, camat,” ujarnya.

Dalam rangka optimalisasi pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan perekonomian ditengah pandemi virus Corona, Pemkab Sukoharjo melalui Dinas PPKB dan P3A bekerjasama dengan Pemprov Jawa Tengah telah melakukan kegiatan pembuatan hand sanitizer, masker dan face shield. Kegiatan itu melibatkan kelompok perempuan se-Sukoharjo.

Pemberdayaan perempuan tersebut sekarang sangat terlihat manfaatnya. Sebab banyak perempuan yang ikut dalam pelatihan mampu meningkatkan ekonomi keluarga. Disisi lain juga memberikan kontribusi besar bagi daerah dalam bidang menekan angka pengangguran ditengah pandemi virus Corona.

“Harapannya program pemberdayaan perempuan yang sudah dijalankan Pemkab Sukoharjo memberi nilai tambah dan berhasil mendapat penghargaan,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI