Sukoharjo Mulai Vaksinasi Covid-19

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Vaksinasi virus corona tahap pertama digelar serentak di 26 fasilitas kesehatan (faskes) di Sukoharjo, Senin (25/01/2021). Penerima vaksin virus corona pertama diberikan kepada Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi bertempat di RSUD Ir Soekarno, Sukoharjo. Vaksin virus corona pada tahap pertama secara keseluruhan diberikan kepada 10 orang tokoh masyarakat dan 6.896 orang tenaga kesehatan (nakes).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Yunia Wahdiyati mengatakan, vaksinasi virus corona tahap pertama setelah sebelumnya lama ditunggu akhirnya jadi dilaksanakan di Sukoharjo. DKK Sukoharjo mencatat sasaran vaksinasi virus corona ada sebanyak 579.681 orang tersebar di 12 kecamatan.

Rinciannya, tenaga kesehatan 6.896 orang, pelayanan publik 224.489 orang, masyarakat umum dan pelaku ekonomi 196.910 orang, dan lansia 112.935 orang. Mereka yang disasar nantinya akan mendapat prioritas penanganan mendapatkan vaksin virus corona.

Pada pelaksanaan vaksinasi virus corona tahap pertama di RSUD Ir Soekarno, Sukoharjo ada 10 orang penerima. Mereka diantaranya Ketua DPRD, Kapolres, Kajari, Kepala Pengadilan Negeri, Perwakilan dari Pemerintah Daerah, Perwakilan dari Rumah Sakit, MUI, Pendeta, Ketua IDI, dan unsur media. Sedangkan orang pertama yang mendapatkan suntikan vaksin virus corona adalah Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi.

“Vaksinasi virus corona digelar serentak di 26 faskes tersebar di 12 kecamatan di Sukoharjo. Pemberian vaksin virus corona ini menjadi bagian penting penanganan kasus virus corona di Sukoharjo. Sebab dilihat dari data sangat tinggi,” ujarnya.

Sebanyak 26 faskes yang melayani vaksinasi virus corona tersebut tersebar di 12 kecamatan. Faskes tersebut yakni, 12 puskesmas, 10 rumah sakit dan 4 klinik TNI/Polri.

Banyaknya faskes tersebut sebanding dengan jumlah sasaran penerima vaksin virus corona yang juga banyak. Diharapkan pelayanan vaksinasi virus corona bisa terlaksana dengan lancar dan cepat.

Di Sukoharjo sekarang total kasus positif virus corona mencapai 3.656 kasus dan 224 diantaranya meninggal dunia dimana persentase angka kematian tersebut 6,1% dan diatas angka kematian nasional. Data tersebut menjadi perhatian sendiri bagi Pemkab Sukoharjo mengingat jumlah kasus dan meninggal dunia positif virus corona sangat tinggi.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, vaksinasi virus corona harus dilaksanakan daerah termasuk Pemkab Sukoharjo karena menjadi program nasional. Pelaksanaan vaksinasi virus corona di Sukoharjo setelah mendapat kejelasan dari pemerintah pusat berupa kiriman vaksin virus corona.

Ketua DPRD Sukoharjo Wawan Pribadi mengatakan, sudah menerima suntikan vaksinasi virus corona pertama pada pelaksanaan tahap pertama di Sukoharjo. Proses vaksinasi virus corona dilaksanakan melalui pemeriksaan kesehatan secara ketat untuk mengetahui kondisi badan penerima vaksin.

“Setelah disuntik vaksin virus corona biasa saja, tidak sakit apa apa. Jadi masyarakat tidak perlu takut karena vaksinasi virus corona ini bagian dari program pemerintah menangani kasus virus corona,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI