Sukoharjo Selatan Butuh Pangkalan Elpiji

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Sebaran pangkalan gas elpiji 3 kilogram di wilayah bagian selatan Sukoharjo belum maksimal dan masih banyak kekosongan yang belum bisa terkover. Karena itu, mendorong masyarakat untuk bersedia membuka pangkalan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sukoharjo Sutarmo, Selasa (20/12) mengatakan, total ada 943 pangkalan tersebar di 12 kecamatan. Namun sebarannya belum merata di 167 desa dan kelurahan. Kendala dihadapi di wilayah Kecamatan Bulu karena minat masyarakat membuka pangkalan gas elpiji 3 kilogram rendah. Diantaranya, keterbatasan modal, kesulitan akses transportasi dan pemasaran. 

"Masyarakat di wilayah selatan Sukoharjo hingga sekarang masih terbiasa menggunakan kayu dan arang sebagai bahan bakar memasak. Mereka sulit untuk diajak beralih menggunakan gas elpiji."

Wakil Ketua I Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) Surakarta Budi Prasetyo di Kabupaten Sukoharjo ada bentukan sebanyak 30 desa yang didirikan pangkalan gas elpiji. Selain itu masih ada 5 desa yang belum memiliki pangkalan salah satunya yakni di wilayah Kecamatan Bulu. Kendala dihadapi karena masyarakat disana sudah terbiasa menggunakan kayu sebagai bahan bakar untuk memasak. (Mam)

BERITA REKOMENDASI