Sukoharjo Terima Penghargaan KLA Madya

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Kabupaten Sukoharjo berhasil mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) tahun 2019 dengan kategori Madya atau satu tingkat lebih baik dibanding sebelumnya hanya Pratama. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kelengkapan fasilitas dan program yang disediakan dari Pemkab Sukoharjo.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak Sukoharjo Proboningsih Dwi Danarti, Senin (29/07/2019) mengatakan, penghargaan KLA dengan kategori Madya sudah diberikan dari pemerintah pada Pemkab Sukoharjo di Makasar pada Selasa (23/07/2019) lalu. Sebelum diserahkan terlebih dahulu telah dilaksanakan penilaian oleh tim penilai dari pusat.

Pemerintah pusat setiap tahun selalu mengadakan penilaian terhadap kabupaten dan kota mendapatkan penghargaan KLA. Kategori diberikan mulai dari bawah hingga atas seperti pratama, madya, nendya dan utama.

Kabupaten Sukoharjo sejak tiga tahun terakhir mulai 2015, 2017 dan 2018 berhasil mendapatkan penghargaan dalam kategori Pratama. Sedangkan tahun 2019 berhasil naik satu tingkat menjadi Madya. Keberhasilan tersebut berkat dukungan semua pihak baik sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) maupun masyarakat.

Dukungan besar sudah diberikan Pemkab Sukoharjo dengan menyediakan fasilitas berupa taman bermain anak. Keberadaanya sangat membantu sebagai tempat bagi anak untuk bermain. Ruang terbuka tersebut juga menjadi nilai tambah bagi Kabupaten Sukoharjo saat mengikuti penilaian.

"Setelah tiga tahun 2015, 2017 dan 2018 mendapat KLA dengan status Pratama dan tahun 2019 ini naik menjadi Madya maka tahun depan kami target bisa naik lagi menjadi Nendya,” ujarnya.

Untuk merealisasikan target tersebut maka kedepan Pemkab Sukoharjo memiliki program deklarasi kecamatan, desa dan kelurahan layak anak. Hal tersebut sudah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah tingkat desa dan kelurahan.

“Di Sukoharjo sendiri telah terbentuk 23 desa dan kelurahan layak anak tersebar disejumlah wilayah di Sukoharjo. Kedepan jumlah itu akan dikembangkan lagi,” lanjutnya.

Meski telah berhasil namun masih ada beberapa catatan yang perlu diperbaiki kedepan. Salah satunya berkaitan dengan fasilitas lain terhadap anak. Salah satunya yakni keberadan Puskesmas layak anak. (Mam)

BERITA REKOMENDASI