Sukseskan Pilgub, Seluruh Pihak Diajak Menjaga Kondusifitas

Editor: KRjogja/Gus

BOYOLALI (KRjogja.com) – Pendekatan kepada masyarakat sebagai upaya preventif untuk menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilgub Jateng terus dilakukan. Tak hanya dari penyelenggara dan kepolisian saja, tokoh agama dan elemen masyarakat lain juga diajak serta untuk mendinginkan tensi yang biasanya tinggi dalam ajang pemilihan.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menggelar sarasehan antara penyelenggara pemilu, parpol, dan serta tokoh agama dan masyarakat yang digelar Rabu (7/2) di Kecamatan Teras. Diharapkan sarasehan tersebut bisa memberikan kesepahaman kepada seluruh unsur, bahwa pilgub nanti merupakan agenda demokrasi. Sehingga sudah semestinya pelaksanaannya pun dilakukan secara demokratis.

Kapolsek Teras, AKP Ahmad Nadiri menjelaskan, berkaca pada agenda pemilihan sebelumnya, yakni pada Pilihan Bupati 2015 lalu, kondisi wilayah Teras cukup dinamis. Antusiasme masyarakat dalam pemilihan cukup tinggi. Antusiasme ini yang semestinya dijalankan dengan kedewasaan berdemokrasi. 

Sebagai antisipasi, selain pendekatan kultural, pihaknya juga sudah memetakan wilayah atau titik yang dinilai rawan konflik horisontal. "Imbauan dan pesan damai selalu kami sampaikan ke seluruh lapisan masyarakat dan kepada seluruh pihak agar pelaksanaan pemilihan nanti berjalan aman dan damai,"

Senada, Panwascam Teras, Eko Bambang Setiawan mengatakan, pihaknya sebagai pengawas penyelenggaraan pemilihan juga terus mengimbau, terutama kepada pihak partisipan, untuk menjaga nilai-nilai demokratis. Tugasnyalah untuk menjaga agar pelaksaan Pilgub, khususnya di wilayah Teras, tak melenceng dari aturan. "Tugas kami mengawal jalannya Pilgub nanti agar bisa sesuai dengan mekanisme yang belaku," tandasnya. (Gal) 

BERITA REKOMENDASI